Ini Bos Al-Qaeda yang Baru, Kepalanya Dihargai Rp152 Miliar

Kamis, 16 Februari 2023 - 04:44 WIB
loading...
A A A
Beberapa orang mempertanyakan apakah Adel dapat menjadi manajer organisasi yang efektif setelah menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai operator dan pelatih di kamp-kamp militan.

"Banyak orang dalam berpendapat bahwa dia memiliki peran operasional yang penting di masa lalu, tetapi dia tidak diperlengkapi untuk kepemimpinan," kata Jerome Drevon, analis senior Jihad dan Konflik Modern di International Crisis Group.

"Keahliannya lebih cocok untuk organisasi operasi bersenjata daripada administrasi jaringan afiliasi yang luas," imbuhnya.

Salah satu pemimpin militer terkemuka al-Qaeda dan sering disebut oleh para ahli sebagai pejabat ketiganya, Adel mendirikan kamp pelatihan untuk organisasi tersebut di Sudan, Pakistan, dan Afghanistan pada 1990-an.

Dia juga berperan dalam penyergapan helikopter AS di Mogadishu, yang dikenal sebagai insiden "Black Hawk Down" pada tahun 1993 yang menewaskan 18 prajurit AS, kata pakar keamanan. Itu menandai awal dari penarikan pasukan perdamaian US-UN dari Somalia.

Adel mendapatkan lebih banyak kredensial jihad setelah dia bergabung dengan militan Arab lainnya melawan pasukan pendudukan Soviet di Afghanistan, di mana dia akhirnya memimpin sebuah kamp pelatihan sebelum menjadi tokoh senior di al Qaeda.

"Dia (Adel) adalah sosok yang sangat berani, profesional, berdarah dingin," kata Yoram Schweitzer, kepala Program Terorisme dan Konflik Intensitas Rendah di Institut Studi Keamanan Nasional Universitas Tel Aviv.



Di luar operasi di Afrika, kamp pelatihannya, dan kaitannya dengan pembunuhan jurnalis AS Daniel Pearl di Pakistan pada tahun 2002, menurut penyelidik AS, hanya sedikit yang diketahui tentang Adel.

Ada beberapa foto dirinya, selain dari tiga foto - termasuk gambar hitam putih di daftar paling dicari FBI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)