AS Bunuh Pemimpin al-Qaeda Zawahiri, tapi Taliban Tak Temukan Jasadnya

Kamis, 25 Agustus 2022 - 19:33 WIB
loading...
AS Bunuh Pemimpin al-Qaeda Zawahiri, tapi Taliban Tak Temukan Jasadnya
Pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri tewas dibunuh AS dalam serangan drone di Kabul, Afghanistan. Namun, Taliban tak pernah menemukan jasadnya. Foto/JihadOscope
A A A
KABUL - Taliban , yang memerintah Afghanistan, pada Kamis (25/8/2022) mengatakan bahwa mereka tidak pernah menemukan jasad pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri.

Pernyataan ini muncul setelah Amerika Serikat (AS) menyatakan telah membunuh pemimpin kelompok teroris itu dalam serangan udara di Kabul pada akhir Julilalu.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, seperti dikutip Reuters, mengatakan jasad Zawahiri tak pernah ditemukan dan penyelidikan atas serangan Amerika terus dilanjutkan.



Pemerintah AS sebelumnya mengatakan Zawahiri tewas oleh rudal yang ditembakkan dari pesawat tak berawak saat dia berdiri di balkon di tempat persembunyiannya di Kabul pada Juli. Itu menjadi pukulan terbesar bagi al-Qaeda sejak Navy SEALS AS menembak mati pemimpin al-Qaeda sebelumnya, Osama bin Laden, lebih dari satu dekade yang lalu.

Presiden AS Joe Biden mengatakan keadilan telah ditegakkan ketika mengumumkan kematian Zawahiri.

“Keadilan telah ditegakkan, dan pemimpin teroris ini tidak ada lagi,” katanya pada awal bulan ini.

Beberapa menit sebelum pidato itu, seorang pejabat senior pemerintah AS berbicara kepada wartawan tentang bagaimana Zawahiri diburu, ditemukan dan kemudian dibunuh.

“Tahun ini, kami mengidentifikasi bahwa keluarga Zawahiri—istrinya, putrinya, dan anak-anaknya—pindah ke rumah aman di Kabul,” kata pejabat itu yang berbicara dengan syarat anonim.

“Kami kemudian mengidentifikasi Zawahiri di lokasi di Kabul melalui berbagai aliran intelijen.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)