Media Asing: Presiden Terpilih Prabowo Dapat Membuat Militer Indonesia Lebih Kuat Lagi

Kamis, 17 Oktober 2024 - 11:22 WIB
Di bawah komandonya, para sandera akhirnya dibebaskan, dan karier Prabowo melejit.

“Ini adalah salah satu prestasi Prabowo sebagai jenderal komandan Komando Pasukan Khusus,” kata pakar pertahanan Alman Helvas Ali dari lembaga think tank pertahanan yang berbasis di Jakarta, Marapi Consulting and Advisory.



Dengan ditetapkannya Prabowo sebagai presiden kedelapan Indonesia, beberapa pihak percaya bahwa dia dapat secara efektif menggunakan keterampilan dan pengalaman militernya untuk memimpin ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dan juga membuka jalan bagi para prajurit untuk memainkan peran yang lebih besar di Indonesia.

Namun, beberapa orang Indonesia khawatir tentang hal ini, terutama mengingat adanya tuduhan pelanggaran masa lalu oleh personel militer.

CNA mengkaji lebih dalam kebijakan pertahanan Prabowo dan apakah militer siap untuk mendapatkan perhatian yang lebih tinggi di bawah kepemimpinannya.

Prioritas Pertahanan Prabowo



Prabowo bergabung dengan Kabinet Jokowi sebagai menteri pertahanan pada Oktober 2019, di awal masa jabatan kedua Jokowi sebagai presiden.

Menggarisbawahi pentingnya hal itu, Kementerian Pertahanan termasuk di antara yang menerima dana terbanyak dari anggaran nasional selama bertahun-tahun, meskipun jumlahnya berfluktuasi karena pandemi Covid-19 antara tahun 2020 hingga 2022.

Ketika pandemi Covid-19 mulai mereda pada tahun 2022, Kementerian Pertahanan menerima anggaran sebesar Rp150,4 triliun (USD9,7 miliar).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More