Siapakah Muhammad Yunus? Pemimpin Pemerintahan Sementara Bangladesh yang Pernah Mendapatkan Nobel

Rabu, 07 Agustus 2024 - 20:05 WIB

3. Meraih Nobel Perdamaian pada 2006



Foto/EPA

Melansir CNN, Yunus dan Grameen Bank dianugerahi Penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 2006, setelah memberikan pinjaman sekitar $6 miliar untuk perumahan, pinjaman mahasiswa dan usaha mikro, dan khususnya untuk mendukung perempuan Bangladesh.

Ia juga pendiri Yunus Centre, lembaga pemikir yang berbasis di Dhaka yang membantu mengembangkan bisnis sosial baru.

Beberapa kritikus memandang Yunus dan Grameen Bank dengan skeptis, dengan alasan bahwa suku bunga tinggi beberapa pemberi pinjaman mikro telah membuat peminjam miskin karena pemberi pinjaman memperoleh keuntungan besar dari pinjaman kecil.

Yunus telah menepis klaim tersebut, dengan mengatakan kepada CNN awal tahun ini bahwa Grameen Bank tidak bertujuan untuk menghasilkan uang – tetapi untuk membantu orang miskin dan memberdayakan usaha kecil.

4. Berulang Kali Diancam oleh Sheikh Hasina



Foto/EPA

Selama bertahun-tahun, Yunus telah berulang kali berhadapan langsung dengan mantan perdana menteri Hasina – yang menuduhnya “menghisap darah orang miskin,” menurut Reuters.

Yunus sempat mengusulkan pembentukan partai politik baru pada tahun 2007 menjelang pemilihan parlemen – yang dikecam Hasina saat itu, dengan mengatakan pendatang baru dalam dunia politik adalah “elemen berbahaya … yang harus dicurigai,” Reuters melaporkan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More