Apakah Peraih Nobel Perdamaian Bisa Membawa Bangladesh Keluar dari Zona Kegelapan?

Kamis, 15 Agustus 2024 - 17:20 WIB
loading...
Apakah Peraih Nobel...
Rakyat Bangladesh berharap besar kepada Muhammad Yunus, peraih Nobel Perdamaian, dalam memimpin negara tersebut. Foto/AP
A A A
DHAKA - Maliha Namlah mengatakan dia telah menahan napas ketika protes yang dipimpin mahasiswa di Bangladesh memaksa Perdana Menteri lama Sheikh Hasina untuk mengundurkan diri dan meninggalkan negara itu setelah berminggu-minggu kerusuhan mematikan yang menewaskan lebih dari 300 orang.

Namlah, 19 tahun, adalah salah satu koordinator gerakan mahasiswa di Universitas Jahangirnagar di pinggiran ibu kota, Dhaka. Begitu pemerintahan Hasina jatuh, satu-satunya kekhawatirannya adalah apakah pemerintahan itu akan digantikan oleh pemerintahan militer lain di negara yang telah mengalami beberapa kudeta sejak kemerdekaannya dari Pakistan pada tahun 1971.

Namun, panglima militer saat ini, Jenderal Waker-uz-Zaman, dipuji karena mengambil alih kendali negara yang sedang dilanda kekacauan dan mengumumkan pembentukan pemerintahan sementara segera setelah Hasina melarikan diri.

“Kami tidak bertempur dan menumpahkan darah untuk pemerintahan militer. Kami menginginkan pemerintahan sipil yang akan membawa reformasi sejati,” kata Namlah kepada Al Jazeera pada hari Jumat. “Dan kami lega melihat itu terjadi dengan cepat.”

Apakah Peraih Nobel Perdamaian Bisa Membawa Bangladesh Keluar dari Zona Kegelapan?

1. Hanya Bertugas sebagai Penasihat Utama dengan Pangkat PM

Apakah Peraih Nobel Perdamaian Bisa Membawa Bangladesh Keluar dari Zona Kegelapan?

Foto/AP

Tiga hari setelah Hasina mengundurkan diri, Muhammad Yunus, satu-satunya peraih Nobel dari negara Asia Selatan itu, dilantik pada Kamis malam sebagai “penasihat utama” dari pemerintahan sementara yang bertugas membawa perdamaian dan demokrasi, yang menurut para kritikus Hasina telah dirusak selama 15 tahun pemerintahannya yang “otokratis”.

Penasihat utama dari pemerintahan sementara itu berpangkat perdana menteri sementara anggota dewan penasihat diberi status menteri.

2. Harapan Besar Bertumpur pada Yunus

Apakah Peraih Nobel Perdamaian Bisa Membawa Bangladesh Keluar dari Zona Kegelapan?

Foto/AP

Seiring dengan dimulainya pemerintahan baru di Dhaka, banyak yang bertanya-tanya apakah pemerintahan baru itu akan mampu membawa negara berpenduduk 170 juta orang itu keluar dari apa yang disebut oleh salah satu anggota pemerintahan baru itu sebagai "era gelap".

"Panglima militer telah menjanjikan pemerintahan sementara, tetapi hingga pemerintahan itu resmi dibentuk, ketidakpastian tetap ada karena spekulasi yang meluas," kata Saifullah Sajib, seorang karyawan di sebuah agen perjalanan di Dhaka, kepada Al Jazeera saat ia menyaksikan siaran langsung Yunus dan kabinetnya yang beranggotakan 16 orang yang diambil sumpahnya di istana presiden.

Mengapa Yunus dipilih? Protes di Bangladesh yang dimulai bulan lalu dipimpin terutama oleh puluhan ribu mahasiswa yang menentang sistem kuota untuk pekerjaan pemerintah yang mereka duga menguntungkan mereka yang dekat dengan partai Liga Awami Hasina.

Demonstran yang awalnya damai diserang oleh pasukan keamanan dan pendukung partai Hasina, yang mengakibatkan hampir 300 kematian dan mengubah protes menjadi seruan yang lebih besar agar Hasina mundur.

3. Memiliki Pengalaman Membawa Jutaan Orang Keluar dari Garis Kemiskinan

Apakah Peraih Nobel Perdamaian Bisa Membawa Bangladesh Keluar dari Zona Kegelapan?

Foto/AP
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2800 seconds (0.1#10.140)