Pemimpin Bangladesh Muhammad Yunus Janji Bantu Rohingya

Senin, 19 Agustus 2024 - 14:55 WIB
loading...
Pemimpin Bangladesh...
Muhammad Yunus janji membantu penyelesaian kaum Rohingya. Foto/AP
A A A
DHAKA - Muhammad Yunus, pemimpin sementara Bangladesh , telah menyampaikan pidato kebijakan pemerintah utamanya yang pertama. Dia berjanji untuk mendukung komunitas Rohingya yang mencari perlindungan di negara itu dan mempertahankan perdagangan garmen Bangladesh.

Menetapkan prioritasnya di hadapan para diplomat dan perwakilan PBB pada hari Minggu, Yunus berjanji bahwa pemerintahnya “akan terus mendukung lebih dari satu juta orang Rohingya yang berlindung di Bangladesh”.

"Kami membutuhkan upaya berkelanjutan dari komunitas internasional untuk operasi kemanusiaan Rohingya dan pemulangan mereka ke tanah air mereka, Myanmar, dengan aman, bermartabat, dan hak penuh," katanya.

Bangladesh adalah rumah bagi sekitar satu juta warga Rohingya. Sebagian besar dari mereka melarikan diri dari negara tetangga Myanmar pada tahun 2017 setelah tindakan keras militer yang sekarang menjadi subjek penyelidikan genosida oleh pengadilan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Awal bulan ini, badan amal medis Doctors without Borders, yang dikenal dengan inisial bahasa Prancisnya MSF, mengatakan bahwa lebih banyak warga Rohingya yang tiba di Bangladesh dari Myanmar dengan luka-luka terkait perang di tengah meningkatnya konflik antara militer dan pemberontak Arakan Army (AA) di Negara Bagian Rakhine bagian barat.

Lebih dari 40 persen korban luka adalah perempuan dan anak-anak, tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Yunus, seorang ekonom pemenang Hadiah Nobel Perdamaian berusia 84 tahun, kembali dari Eropa bulan ini setelah ia dipilih oleh Presiden Mohammed Shahabuddin untuk memimpin pemerintahan sementara, memenuhi tuntutan utama para pemimpin protes mahasiswa.

Pendahulunya Sheikh Hasina, 76 tahun, meninggalkan negara itu pada tanggal 5 Agustus dengan helikopter setelah 15 tahun berkuasa, yang digulingkan oleh protes antipemerintah.



Kerusuhan dan protes massa selama berminggu-minggu yang menggulingkan Hasina juga menyebabkan gangguan yang meluas pada industri tekstil utama negara itu, dengan para pemasok mengalihkan pesanan ke luar negeri.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)