Akankah Perang Roket dan Retorika antara Israel dan Hizbullah Menjerumuskan Lebanon dalam Perang?

Kamis, 20 Juni 2024 - 15:50 WIB
Meskipun konflik besar-besaran antara Hizbullah dan Israel masih dapat dihindari, banyak warga Lebanon yang semakin khawatir.

“Perasaan di Lebanon adalah meningkatnya kekhawatiran dan kecemasan tentang kemungkinan pecahnya perang habis-habisan,” kata Salamey.

“Persetujuan militer Israel terhadap rencana perang ditanggapi dengan sangat serius oleh masyarakat Lebanon, sehingga menimbulkan ketakutan akan eskalasi yang semakin besar. Persetujuan ini telah secara signifikan melemahkan rencana pariwisata dan investasi di negara ini, karena calon pengunjung dan investor sedang mempertimbangkan kembali keputusan mereka karena meningkatnya ancaman konflik.”

Lebanon mengalami salah satu krisis ekonomi terburuk dalam satu abad dan terjebak dalam kebuntuan politik tanpa presiden sejak Oktober 2022. Negara ini tidak memiliki stabilitas politik dan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir, bahkan sebelum perang. Infrastruktur yang lemah dan perang yang meluas dapat berdampak buruk pada negara yang sedang berjuang ini.

"Lebanon tidak dalam posisi untuk secara efektif menanggapi invasi Israel atau perang udara yang lebih luas terhadap infrastrukturnya,” kata Salamey. “Setiap perluasan konflik yang signifikan akan menimbulkan dampak buruk, karena kerusakan infrastruktur akan sulit untuk diperbaiki atau diganti. Pemerintah Lebanon kekurangan sumber daya untuk rekonstruksi, dan hanya sedikit donor internasional yang bersedia memberikan dukungan yang diperlukan, tidak seperti setelah perang tahun 2006.”

Pembubaran lebih lanjut negara Lebanon juga dapat menimbulkan dampak serius bagi wilayah tersebut, kata Salamey, seraya menambahkan bahwa hal tersebut “dapat memperburuk ketegangan politik dan sosial yang ada di Lebanon, sehingga membuat pemulihan menjadi lebih sulit”.

“Kehancuran Lebanon akan menghasilkan kekacauan dengan kelompok-kelompok bersenjata berdatangan ke wilayahnya, sehingga menciptakan situasi yang jauh lebih tidak stabil [bagi Israel juga],” katanya.



Sejarah Membuktikan Israel Tak Bisa Mengalahkan Hizbullah



Foto/AP
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More