Akankah Perang Roket dan Retorika antara Israel dan Hizbullah Menjerumuskan Lebanon dalam Perang?

Kamis, 20 Juni 2024 - 15:50 WIB
Hizbullah sudah mempersiapkan diri menghadapi perang habis-habisan dengan Israel. Foto/AP
BEIRUT - Ancaman dari pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah untuk menyerang Siprus telah meningkatkan ketegangan lebih jauh di Mediterania timur, seiring dengan konflik kelompok Syiah Lebanon dengan Israel yang terus mengancam akan berubah menjadi perang habis-habisan.

Nasrallah mengatakan pada hari Rabu bahwa Hizbullah tidak menginginkan perang yang diperluas, namun pihaknya siap – bersama dengan sekutu regionalnya – untuk mengimbangi peningkatan agresi Israel. Ancaman terhadap Siprus adalah akibat dari apa yang dikatakan Nasrallah sebagai penggunaan pangkalan Israel di pulau Mediterania timur.

“Pemerintah Siprus harus diperingatkan bahwa membuka bandara dan pangkalan Siprus bagi musuh Israel untuk menargetkan Lebanon berarti pemerintah Siprus telah menjadi bagian dari perang dan perlawanan [Hizbullah] akan menghadapinya sebagai bagian dari perang,” kata Nasrallah, dilansir Al Jazeera.



Meskipun Inggris memiliki dua pangkalan di Siprus, belum ada pengakuan resmi atas penggunaan pangkalan udara Siprus oleh Israel. Israel telah menggunakan wilayah udara Siprus untuk melakukan latihan di masa lalu.

Retorika yang meningkat dari Nasrallah muncul sehari setelah Hizbullah menerbitkan rekaman yang dikatakan diambil oleh salah satu drone mereka di atas kota Haifa, Israel. Rekaman tersebut, yang menurut Nasrallah hanya memperlihatkan sebagian kecil dari rekaman yang diambil, tampaknya menjadi peringatan bagi otoritas Israel akan jangkauan Hizbullah, jika Israel terus mengancam akan memperluas serangannya ke Lebanon.

Israel Sudah Bersiaga dan Mengevakuasi Warganya



Foto/AP

Israel telah mengumumkan pada hari Selasa bahwa rencana operasional untuk serangan militer di tetangga utaranya “disetujui dan divalidasi”. Lebih dari 90.000 warga Israel telah meninggalkan rumah mereka di bagian utara negara itu sejak permusuhan dimulai dengan Hizbullah pada 8 Oktober, sehari setelah konflik antara Israel dan Hamas dimulai di Gaza. Setidaknya 90.000 orang juga telah meninggalkan rumah mereka di Lebanon selatan akibat serangan Israel.

Banyak Komandan Hizbullah Jadi Target



Foto/AP
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More