Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia

Senin, 24 Agustus 2020 - 05:30 WIB
Meski terpaut perbedaan usia cukup jauh, karyawan Pentagon Linda Tripp menjalin persahabatan dengan pegawai magang Gedung Putih Monica Lewinsky. Pada 1997, Tripp diam-diam merekam perselingkungan Lewinsky dengan Presiden Bill Clinton.

Dia akhirnya menyerahkan rekaman tersebut kepada jaksa penuntut khusus Kenneth Starr. Rekaman ini menjadi instrumen dalam persidangan pemakzulan Clinton pada 1998. Tripp tetap bersikeras bahwa motifnya patriotik, tetapi banyak yang berasumsi dia mengkhianati Lewinsky untuk menghindari tuduhan penyadapan ilegal.

Terlepas dari itu, dia akhirnya dipecat dari pekerjaannya di Pentagon. Dia meninggal pada April 2020 karena kanker pankreas. (Baca juga: Linda Tripp, Wanita yang Membongkar Perselingkuhan Clinton Meninggal)

5. Karen Silkwood



Karen Silkwood menjadi whistleblower paling tenar sepanjang sejarah demi memperjuangkan keadilan yang dianutnya. Aktivis serikat buruh tersebut pada mulanya bekerja di perusahaan pembangkit listrik tenaga nuklir di Oklahoma, Kerr-McGee, AS.

Dia menemukan fakta bahwa banyak pelanggaran regulasi keselamatan yang dilakukan perusahaannya. Karen lalu melaporkannya ke Komisi Energi Atom. Namun apa yang terjadi setelah pengungkapan tersebut bak bumerang bagi nyawanya. Secara misterius, Karen dan rumahnya terpapar zat plutonium berbahaya dalam jumlah besar.

Atas kejadian itu ia memilih menyerahkan semua bukti kepada media cetak. Nahas, sebelum keadilan ditegakkan, pada 13 November 1974 Karen ditemukan tewas misterius di dalam mobilnya. (Lihat foto: Drive in Senja, Serunya Nonton Bioskop Dari Dalam Mobil)

6. Frank Serpico

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More