Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia

Senin, 24 Agustus 2020 - 05:30 WIB
Salah satu pembocor rahasia negara yang terkenal adalah Edward Snowden . Pria berkacamata tersebut saat ini bersembunyi di Rusia karena negara kelahirannya, Amerika Serikat, menganggap dia sebagai pengkhianat.

Tuduhan tersebut bermula dari skandal penyadapan oleh NSA yang dibeberkannya kepada wartawan. Para pendukung Snowden di AS berupaya mendorong pemberian grasi baginya menjelang lengsernya mantan Presiden Barack Obama.

Sayang, Obama menolak memberikan pengampunan kepada Snowden. Kehadiran orang-orang seperti Snowden memang menimbulkan polemik. Di satu sisi, mereka dipandang sebagai pahlawan, tetapi di sisi lain mereka dianggap sebagai pengkhianat. (Baca juga: Trump Pertimbangkan Ampuni Snowden)

3. Mark Felt



Felt adalah whistleblower paling terkenal sepanjang masa. W Mark Felt atau lebih dikenal dengan sebutan Deep Throat adalah pembocor rahasia kejahatan presiden AS Richard Nixon selama bertahun-tahun.

Nixon pernah diduga terlibat dalam berbabagi operasi ilegal dan kekerasan. Felt mengungkap semuanya lewat bantuan media, the Washington Post dengan dua wartawannya yang terkenal Mark Woodward Carl Bernstein. Peristiwa ini dikenal dengan skandal Watergate.

Gara-gara aksi Felt, Presiden Nixon terpaksa turun dari jabatannya. Sejak saat itu, publik Amerika tidak sepenuhnya percaya pada institusi kepresidenan. (Lihat grafis: Amunisi Anyar China; Meratakan Area Luas dengan sekali Tembakan)

4. Linda Tripp

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More