15 Negara yang Memiliki Satelit Mata-mata Terbanyak, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:15 WIB

12. Uni Emirat Arab

Satelit Mata-mata: 3

Uni Emirat Arab muncul sebagai kekuatan yang sedang berkembang dalam perlombaan untuk mendominasi ruang angkasa. Sejak peluncuran Thuraya-1 pada tahun 2000, satelit komunikasi pertama UEA, negara tersebut telah mengirimkan banyak satelit ke orbit, termasuk tiga satelit yang dimaksudkan untuk digunakan untuk keperluan militer. Satelit militer terbaru adalah FalconEye, diluncurkan pada tahun 2020, untuk melayani kebutuhan militer Angkatan Bersenjata UEA.

13. Jepang



Foto/Reuters

Satelit Mata-mata: 2

Jepang mengoperasikan beberapa satelit di luar angkasa yang digunakan untuk tujuan sipil dan militer, termasuk pemantauan aktivitas militer oleh Tiongkok dan Korea Utara. Satelit DSN-2 dan X-band adalah dua satelit yang terutama digunakan untuk komunikasi militer oleh Jepang. Menurut laporan Reuters pada bulan Juni tahun ini, militer Jepang juga mempertimbangkan untuk mengadopsi layanan satelit Starlink.

14. Meksiko

Satelit Mata-mata: 2

Lebih dari 15 satelit Meksiko telah diluncurkan ke luar angkasa selama 40 tahun terakhir. Ini juga memberikan dukungan militer kepada angkatan bersenjata. Terminal Satelit terkenal karena memberikan dukungan terhadap penempatan Unit Militer Darurat di negara tersebut, yang memungkinkan pasukan memiliki layanan internet dan telepon untuk tetap berhubungan dengan komando pusat angkatan bersenjata nasional.

15. Turki

Satelit Mata-mata: 2
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More