Gaza Miskin, Ini Sumber Uang Hamas untuk Danai Ribuan Pasukan Melawan Israel

Kamis, 26 Oktober 2023 - 09:59 WIB
Sampai batas tertentu, kata para pakar, Hamas juga menambahkan pendapatannya dari berbagai perusahaan kriminal.

"Semua kelompok teror skala besar, seperti Hamas, harus memastikan bahwa mereka memiliki aliran pendanaan yang banyak dan tumpang tindih, karena ada tekanan internasional terhadap keuangan mereka,” kata Schindler.

Misalnya, Hamas hadir di wilayah tiga perbatasan Amerika Selatan, wilayah sepanjang Brasil, Paraguay, dan Argentina yang dikenal sebagai surga bagi teroris dan organisasi kriminal transnasional.

Meskipun para ahli mengatakan aktivitas di sana mungkin merupakan sebagian kecil dari aparat keuangan Hamas yang lebih luas, namun mereka berpartisipasi dalam perdagangan narkoba, senjata dan penyelundupan manusia, serta pencucian uang yang berbasis di sana sehubungan dengan upaya Hizbullah.

Tindakan Barat



Selama dua dekade terakhir, pemerintah negara-negara Barat cenderung lebih fokus pada pemotongan keuangan organisasi Islam lainnya, sementara Hamas mendapat prioritas yang lebih rendah, kata mantan pejabat AS Gerald Feierstein, yang bekerja di biro kontraterorisme Departemen Luar Negeri AS dari tahun 2006 hingga 2008.

Dia mengatakan Hamas tidak dianggap sebagai ancaman langsung terhadap AS.

“Dari perspektif kontraterorisme, masyarakat tidak terlalu fokus pada Hamas,” kata Feierstein, yang kini bekerja di lembaga think tank Middle East Institute di Washington.

“Pada saat itu, fokusnya sebenarnya pada AQ,” katanya, mengacu pada al-Qaeda.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Barat telah mengganggu beberapa sumber pendanaan Hamas.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More