Ulama Arab Saudi Awad al-Qarni Hadapi Hukuman Mati karena Berkicau di Twitter

Senin, 16 Januari 2023 - 09:46 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Saudi telah dituduh oleh kelompok hak asasi manusia (HAM) melakukan tindakan keras yang meluas terhadap perbedaan pendapat dan kebebasan berekspresi.

Represi telah meningkat sejak Pangeran Mohammed bin Salman menjadi putra mahkota dan penguasa de-facto kerajaan pada musim panas 2017.

Namun, pejabat Saudi membantah tuduhan kelompok HAM dan mengatakan kerajaan tidak memiliki tahanan politik.

Terlepas dari janji pemerintah untuk mengurangi hukuman mati, peningkatan jumlah eksekusi baru-baru ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan kelompok HAM.

Tahun lalu, kerajaan mengeksekusi 147 orang, termasuk eksekusi massal 81 orang dalam satu hari. Itu menurut kelompok European Saudi Organization for Human Rights.

Kelompok yang berbasis di Jerman itu mengatakan setidaknya 61 orang menghadapi hukuman mati per Desember 2022, menambahkan bahwa jumlah sebenarnya kemungkinan lebih tinggi.

Beberapa kelompok kanan khawatir para tahanan, termasuk Qarni, Omari dan Odah, akan disapu dalam eksekusi massal.

Nasser al-Qarni, putra Awad al-Qarni, melarikan diri dari negara itu tahun lalu dan mencari suaka di Inggris setelah pejabat Saudi mengancamnya dengan penjara atau eksekusi jika dia berbicara tentang ayahnya.

"Kami, di dalam Arab Saudi, telah menggunakan segala cara untuk membebaskan ayah saya dan menghentikan penindasan yang dialaminya, tetapi tidak berhasil," katanya pada bulan Oktober.

"Sayangnya, negara saya gagal, tidak hanya dalam hal hak asasi manusia tetapi di semua bidang, sosial, ekonomi, dan politik," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)