Lagi, Dokumen Rahasia Ditemukan di Rumah Joe Biden

Minggu, 15 Januari 2023 - 07:58 WIB
loading...
A A A
Sementara itu pengacara pribadi Biden, Bob Bauer, mengatakan tim hukumnya telah berusaha menyeimbangkan pentingnya transparansi publik jika sesuai dengan norma dan batasan yang ditetapkan yang diperlukan untuk melindungi integritas penyelidikan.



Departemen Kehakiman secara historis menerapkan batasan hukum yang tinggi sebelum mengajukan tuntutan pidana dalam kasus-kasus yang melibatkan kesalahan penanganan informasi rahasia, dengan persyaratan bahwa seseorang bermaksud untuk melanggar hukum, bukan sekadar ceroboh atau lalai dalam melakukannya.

Undang-undang utama yang mengatur penghapusan dan penyimpanan dokumen rahasia secara ilegal menjadikannya sebagai kejahatan untuk "dengan sengaja" menghapus dokumen rahasia dan menyimpannya dengan cara yang tidak sah.

Situasi yang melibatkan Biden, setidaknya sejauh yang diketahui, berbeda dari penyelidikan terpisah atas kesalahan penanganan dokumen rahasia di klub dan kediaman pribadi mantan Presiden Donald Trump di Florida.

Dalam kasus Trump, penasihat khusus Jack Smith sedang menyelidiki apakah ada orang yang berusaha menghalangi penyelidikan mereka terhadap penyimpanan catatan rahasia di perkebunan Palm Beach.

Pejabat Departemen Kehakiman mengatakan perwakilan Trump gagal sepenuhnya mematuhi panggilan pengadilan yang meminta pengembalian catatan rahasia, mendorong agen untuk kembali ke rumah dengan surat perintah penggeledahan sehingga mereka dapat mengumpulkan materi tambahan.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2085 seconds (0.1#10.140)