Buntut Penemuan Dokumen Rahasia, Joe Biden Akan Diselidiki

Jum'at, 13 Januari 2023 - 07:04 WIB
loading...
Buntut Penemuan Dokumen Rahasia, Joe Biden Akan Diselidiki
Buntut penemuan dokumen rahasia, Presiden AS Joe Biden akan diselidiki. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Jaksa Agung Amerika Serikat (AS) menunjuk seorang jaksa penuntut independen untuk menyelidiki penanganan dokumen rahasia oleh Presiden Joe Biden . Itu dilakukan setelah sejumlah dokumen rahasia di bekas kantornya dan rumahnya yang menghebohkan.

Dokumen rahasia pertama ditemukan di kantor Biden saat ia menjabat sebagai wakil presiden di Penn Biden Center for Diplomacy and Global Engagement. Sedangkan dokumen rahasia terbaru ditemukan di garasi rumahnya di Wilmington, Delaware, tempat dia sering menghabiskan akhir pekan, kata Gedung Putih.

Jaksa Agung AS Merrick Garland mengatakan Robert Hur, orang yang ditunjuk oleh pendahulu Biden, Donald Trump, akan diberi gelar penasihat khusus dan diberdayakan untuk memeriksa apakah kumpulan dokumen tersebut melanggar hukum.

“Saya sangat percaya bahwa proses normal departemen ini dapat menangani semua investigasi dengan integritas,” kata Garland, yang menjalankan Departemen Kehakiman.

"Tapi di bawah peraturan, keadaan luar biasa di sini membutuhkan penunjukan penasihat khusus," imbuhnya seperti dikutip dari France 24, Jumat (13/1/2023).

Penunjukan itu dilakukan beberapa jam setelah Gedung Putih mengakui kumpulan dokumen kedua tetapi tidak membahas isinya. Ini menambah skandal yang berkembang atas kumpulan dokumen pertama yang ditemukan di lembaga think tank Washington tempat Biden berkantor.

Pengungkapan tersebut telah mendorong perbandingan dengan penyelidikan penasihat khusus tentang penimbunan ratusan materi rahasia oleh Trump di rumahnya di tepi pantai Florida dan dugaannya menghalangi upaya pemerintah untuk mendapatkannya kembali.

“Saya menangani dokumen rahasia dan materi rahasia dengan serius. Kami bekerja sama sepenuhnya (dan) sepenuhnya dengan tinjauan Departemen Kehakiman,” kata Biden kepada wartawan dalam pidato terpisah.



"Sebagai bagian dari proses itu, pengacara saya meninjau tempat lain di mana dokumen dari waktu saya sebagai wakil presiden disimpan, dan mereka menyelesaikan peninjauan tadi malam," ia menambahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)