Lagi, Dokumen Rahasia Ditemukan di Rumah Joe Biden

Minggu, 15 Januari 2023 - 07:58 WIB
loading...
Lagi, Dokumen Rahasia Ditemukan di Rumah Joe Biden
Sejumlah dokumen rahasia kembali ditemukan di rumah Presiden AS Joe Biden. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Pengacara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menemukan lebih banyak dokumen rahasia di rumahnya di Wilmington, Delaware, daripada yang diketahui sebelumnya. Temuan itu telah diakui oleh Gedung Putih .

Pengacara Gedung Putih Richard Sauber dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa total enam halaman dokumen rahasia ditemukan selama penggeledahan di perpustakaan pribadi Biden. Gedung Putih telah mengatakan sebelumnya bahwa hanya satu halaman yang ditemukan di sana.

Pengungkapan terbaru adalah tambahan dari penemuan dokumen yang ditemukan pada bulan Desember di garasi Biden dan pada bulan November di bekas kantornya di Penn Biden Center Washington, sejak dia menjabat sebagai wakil presiden. Kesalahan penanganan dokumen rahasia dan catatan resmi dari pemerintahan Obama sedang diselidiki oleh mantan jaksa AS, Robert Hur, yang ditunjuk sebagai penasihat khusus pada hari Kamis oleh Jaksa Agung Merrick Garland.

Dalam sebuah pernyataan, Sauber mengatakan bahwa pengacara pribadi Biden, yang tidak memiliki izin keamanan, menghentikan pencarian mereka setelah menemukan halaman pertama pada Rabu malam. Sauber menemukan materi yang tersisa pada hari Kamis, saat dia memfasilitasi pengambilannya oleh Departemen Kehakiman.

"Saat saya mentransfernya ke pejabat Departemen Kehakiman yang menemani saya, lima halaman tambahan dengan tanda klasifikasi ditemukan di antara materi bersamanya, dengan total enam halaman," jelas Sauber.



"Para pejabat Departemen Kehakiman bersama saya segera mengambilnya," imbuhnya seperti dikutip dari The Associated Press, Minggu (15/1/2023).

Sauber sebelumnya mengatakan bahwa Gedung Putih yakin bahwa tinjauan menyeluruh akan menunjukkan bahwa dokumen-dokumen ini secara tidak sengaja salah tempat, dan presiden serta pengacaranya segera bertindak setelah menemukan kesalahan ini.

Pernyataan Sauber tidak menjelaskan mengapa Gedung Putih menunggu dua hari untuk memberikan laporan terbaru tentang jumlah catatan rahasia. Gedung Putih sudah menghadapi pengawasan karena menunggu lebih dari dua bulan untuk mengakui temuan awal sejumlah dokumen awal kantor Biden.

Sauber menegaskan kembali bahwa Gedung Putih akan bekerja sama dengan penyelidikan Hur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)