Kisah Kapal Induk Liaoning: Dibeli China Senilai Beberapa Botol Vodka, Kini Diincar Rusia

Senin, 09 Januari 2023 - 10:30 WIB
loading...
A A A
Namun, kepemimpinan China khawatir bahwa mengakuisisi kapal induk dapat memperburuk ketegangan ketika negara itu mencari investor asing dan membuka ekonominya secara signifikan.

PLA kemudian menyusun rencana untuk membelinya tanpa mengangkat alis di Barat.

Pada tahun 1996, sekelompok perwira PLA yang dipimpin oleh kepala intelijen Jenderal Ji Shengde mendekati Xu Zengping, mantan pemain bola basket PLA yang telah berubah menjadi pengusaha sukses yang menyelenggarakan acara internasional.

Strateginya adalah agar Xu membeli kapal induk itu atas namanya, mungkin agar bisa berfungsi sebagai kasino. Ini akan menghilangkan ruang lingkup kecurigaan pada PLA.

Xu melakukan perjalanan ke Ukraina pada Januari 1998 dan bertemu dengan pemilik galangan kapal. Dia setuju untuk membeli kapal induk seharga USD20 juta setelah empat hari negosiasi di mana suap besar-besaran ditawarkan.

Pembayaran dilakukan hampir setahun kemudian dengan biaya keterlambatan sebesar USD10 juta yang ditumpangkan pada jumlah yang dinegosiasikan.

PLA China telah memutuskan bahwa Angkatan Laut-nya nantinya akan memperoleh dan merakit kapal induk setelah lingkungan politik membaik.

Sebuah berita dua bagian mengungkapkan rencana tersebut oleh South China Morning Post yang berbasis di Hong Kong pada tahun 2015.

Setelah berlarut-larut dan beberapa hambatan terkait pengirimannya ke China, kapal induk itu akhirnya tiba di pelabuhan Dalian di provinsi Liaoning pada Maret 2002. Kapal itu ditempatkan di dok kering tiga tahun kemudian untuk memungkinkan operasi pemugaran menyeluruh, yang termasuk sandblasting menghilangkan semua karat dan memulihkan serta memasang mesin pada tahun 2011.

Kapal induk itu disesuaikan dengan kebutuhan China dan akhirnya diluncurkan pada tahun 2012 dan sekarang menjadi andalan Angkatan Laut PLA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)