Rusia Luncurkan Serangan di Malam Tahun Baru, Zelensky Murka

Minggu, 01 Januari 2023 - 09:22 WIB
loading...
Rusia Luncurkan Serangan di Malam Tahun Baru, Zelensky Murka
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengecam serangan Rusia pada Malam Tahun Baru. Foto/The Hill
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengutuk serangan rentetan rudal Rusia pada 31 Desember. Ia menekankan bahwa Ukraina maupun dunia tidak akan pernah memaafkan "teror Rusia" yang mematikan itu.

Pernyataan Zelensky muncul beberapa jam setelah Rusia meluncurkan lebih dari 20 rudal jelajah ke Ukraina, yang menurut militer Ukraina ditembak jatuh oleh Angkatan Udara 12.

“Negara teroris tidak akan menerima pengampunan, dan mereka yang memberi perintah untuk serangan semacam itu, yang melaksanakannya, tidak akan menerima pengampunan – secara halus,” kata Zelensky dalam sebuah video pidatonya seperti dikutip dari Kyiv Independent, Minggu (1/1/2023).



Pada Sabtu (31/12/2022) pukul 18:00 waktu setempat, setidaknya satu orang tewas, dan lebih dari 30 orang terluka selama serangan Rusia pada Malam Tahun Baru.

"Beberapa gelombang serangan rudal pada Malam Tahun Baru, rudal terhadap orang-orang - ini tidak dilakukan oleh manusia," tambah Zelensky.

Dalam video yang sama, Zelensky berbicara singkat dalam bahasa Rusia, mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin hanya mengobarkan perang brutal untuk tetap berkuasa dan dia tidak peduli dengan negaranya dan orang-orang yang tinggal di sana.



Pidato langka Zelensky kepada publik Rusia mengikuti pidato video Menteri Pertahanan Ukraina pada 30 Desember, di mana dia memperingatkan Rusia bahwa kepemimpinan mereka sedang mempersiapkan gelombang baru mobilisasi dan rencana untuk menutup perbatasan dalam waktu seminggu.

Serangan Rusia beberapa jam sebelum perayaan Malam Tahun Baru terjadi ketika invasi Putin ke Ukraina memasuki bulan ke-11, dengan serangan Rusia secara sistematis menargetkan infrastruktur energi, membuat jutaan orang dalam keadaan dingin dan gelap di tengah musim dingin.

Menurut tentara Ukraina, Rusia meluncurkan 20 rudal jelajah pada hari Sabtu, dengan 12 diantaranya ditembak jatuh.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)