Ukraina Dilanda Gelombang Serangan Drone Iran

Sabtu, 31 Desember 2022 - 09:05 WIB
loading...
Ukraina Dilanda Gelombang Serangan Drone Iran
Pejabat Ukraina mengatakan Rusia menyerang negara itu dengan 16 drone buatan Iran pada Jumat malam. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Pejabat Ukraina mengatakan Rusia menyerang negara itu dengan 16 drone buatan Iran pada Jumat malam, dengan tujuh di antaranya menargetkan Ibu Kota Kiev. Menurut militer Kiev, semua drone tersebut berhasil dihancurkan.

Sehari sebelumnya, Kamis, gelombang rudal Rusia ditembakkan ke kota-kota di seluruh negeri.

Rusia mengatakan telah menyerang target energi dan militer untuk melemahkan kemampuan Ukraina memindahkan cadangan tentara dan memperbaiki peralatan.

Di Ibu Kota Kiev, peringatan udara diumumkan setelah pukul 02:00 waktu setempat pada hari Jumat dan warga diimbau untuk berlindung.

Kantor berita Reuters melaporkan mendengar beberapa ledakan, serta suara tembakan antipesawat. Namun serangan itu tampaknya akan berakhir menjelang fajar.

"Lima dari drone ditembak jatuh di udara dan dua lagi mendekati," kata Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko.

"Tidak ada yang dilaporkan terluka di Kiev, tetapi jendela di dua bangunan rusak," tambah Klitschko, seperti disitir dari BBC, Sabtu (31/12/2022).



Sementara itu menurut kantor kepresidenan Ukraina salah satu drone memicu kebakaran di gedung administrasi empat lantai.

Rusia diyakini telah menggunakan drone Shahed-136 buatan Iran dalam konflik Ukraina sejak pertengahan September. Namun Iran membantahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)