Pakar: Utang Bantuan Investasi Militer AS Buat Ukraina Jadi Negara Gagal

Jum'at, 23 Desember 2022 - 10:56 WIB
loading...
Pakar: Utang Bantuan Investasi Militer AS Buat Ukraina Jadi Negara Gagal
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih pada 21 Desember 2022. Foto/OLIVIER DOULIERY
A A A
WASHINGTON - Ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi Washington DC, pada Rabu (21/12/2022), Kongres memperdebatkan paket bantuan militer baru yang besar untuk Kiev.

Zelensky mendesak anggota parlemen AS menganggap uang itu bukan sebagai "amal", tetapi sebagai "investasi".

Seorang ahli dalam masalah regional dan militer mengatakan kepada Sputnik pada Kamis bahwa uang dalam jumlah besar akan digunakan untuk mengontrol dan menjarah Ukraina, serta memperkaya orang dan institusi terkait di Barat, termasuk Partai Demokrat.

“AS berinvestasi dengan keyakinan mereka akan dapat melemahkan Rusia dan pada akhirnya melihat perubahan rezim dan berpotensi membongkar Rusia yang kemudian juga akan memungkinkan penahanan China lebih lanjut,” ujar Earl Rasmussen, wakil presiden eksekutif Eurasia Center yang berbasis di Washington dan pensiunan Letnan Kolonel dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di Angkatan Darat AS.



“Ini juga berperan mengganggu kerja sama ekonomi antara Eropa dan Rusia dan (antara) Eropa dan China, sehingga berpotensi mengarah pada deindustrialisasi Eropa, khususnya Jerman,” ujar dia.

Dia menjelaskan, “Selain itu, Kompleks Industri Militer AS (MIC) mendapat banyak keuntungan dari 'konflik' dan meningkatnya ketegangan. Peluang tambahan mungkin terjadi bagi perusahaan barat (AS) untuk 'merekonstruksi' Ukraina dan untuk mendapatkan sumber daya Ukraina dengan harga jual yang tinggi.”

Akademisi dan veteran itu menjelaskan ada banyak pemimpin AS yang percaya AS adalah “negara yang sangat diperlukan yang pada dasarnya menguasai dunia,” dan berupaya mempertahankan posisi itu dengan cara apa pun.



“Tujuannya adalah untuk mempertahankan hegemoni AS dan untuk mencegah munculnya penantang global atau regional yang potensial. Ukraina dipandang sebagai kunci untuk menahan dan pada dasarnya melemahkan atau bahkan menghancurkan Rusia. Tujuannya bukan hanya untuk menahan Rusia tetapi untuk mengawasi perubahan rezim dan berpotensi membongkar atau merestrukturisasi Rusia, seperti yang kita ketahui,” ungkap dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)