MI5: Inggris Hadapi Ancaman Keamanan besar dari Rusia, China dan Iran

Rabu, 16 November 2022 - 23:44 WIB
loading...
A A A


McCallum mengungkapkan lebih dari 600 pejabat Rusia telah diusir di seluruh dunia sejak invasi ke Ukraina pada Februari dan lebih dari 400 diyakini sebagai mata-mata.

"Ini merupakan pukulan strategis paling signifikan terhadap dinas intelijen Rusia dalam sejarah Eropa baru-baru ini," ucapnya.

Di Inggris, 23 mata-mata Rusia yang menyamar sebagai diplomat telah diusir. Tetapi selain itu, kata McCallum, sekitar 100 orang Rusia lainnya telah ditolak visa diplomatiknya dengan alasan keamanan nasional untuk menggantikan mereka.

"Kita tidak boleh berpuas diri," kepala MI5 itu memperingatkan.

"Kita harus bersiap untuk mengantisipasi agresi Rusia secara terselubung dan terang-terangan terhadap Inggris di tahun-tahun mendatang," ujarnya.

Dia juga memperingatkan China adalah "tantangan besar dan abadi" yang menggunakan "segala cara yang mereka miliki" untuk memantau dan terkadang mengintimidasi mereka yang dianggap lawan.

Baru-baru ini seorang pengunjuk rasa pro-demokrasi diserang di konsulat China di Manchester.

"Kami melihat indikasi lebih lanjut dari represi itu," kata kepala MI5, menambahkan ini melampaui laporan kantor polisi luar negeri ke cara lain untuk menekan mereka yang menantang Beijing.

"Untuk mengintimidasi dan melecehkan warga negara Inggris atau mereka yang menjadikan Inggris rumah mereka tidak dapat ditoleransi," kata McCallum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)