Tidak Ada Panggilan Mayday dari Pilot Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi, Kenapa Itu Bisa Terjadi?

Senin, 20 Mei 2024 - 14:26 WIB
loading...
Tidak Ada Panggilan Mayday dari Pilot Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi, Kenapa Itu Bisa Terjadi?
Tidak ada panggilan Mayday dari pilot Helikopter Presiden Iran. Foto/AP
A A A
TEHERAN - Hal yang misterius dari kecelakaan helikopter yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi adalah tidak ada panggilan Mayday. Itu menimbulkan banyak tanda tanya yang serius. Banyak pihak menilai itu menunjukkan masalah pengendalian yang serius.

Analis penerbangan Kyle Bailey mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kurangnya komunikasi dari pilot helikopter atau anggota awak penerbangan lainnya tidak diragukan lagi bahwa ada “masalah pengendalian yang serius”.

Dia mengatakan bahwa jika sebuah helikopter mengalami masalah teknis serius di tengah penerbangan, tugas pertama pilot adalah “menjaga agar pesawat tetap terbang, dan komunikasi akan menjadi prioritas kedua”.

“Kami pada dasarnya tidak melihat komunikasi apa pun… karena pilot mungkin hanya fokus untuk mendaratkan helikopter atau menjaganya tetap di udara,” ungkap Bailey, dilansir Al Jazeera.

Analis tersebut juga menjelaskan, tampaknya dari helikopter yang terbelah menjadi dua bagian, rotor ekornya kemungkinan besar terpotong, dan hal itu disebabkan oleh baling-baling utama yang mengenai ekornya.

Dia mengatakan hal ini mungkin disebabkan oleh gaya aerodinamis yang tercipta saat pilot sedang bermanuver untuk mendaratkan helikopter atau mungkin karena masalah teknis.

Kemungkinan lainnya, kata dia, adalah kegagalan rotor ekor.



“Jika kita melihat gerakan spiral di mana helikopter berputar 360 derajat, searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam, itu bisa menunjukkan bahwa rotor ekornya rusak, dan… akan lepas kendali”.

Bailey mengatakan kondisi cuaca buruk dan medan pegunungan juga bisa berkontribusi terhadap kecelakaan fatal tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)
pixels