MI5: Inggris Hadapi Ancaman Keamanan besar dari Rusia, China dan Iran

Rabu, 16 November 2022 - 23:44 WIB
loading...
MI5: Inggris Hadapi Ancaman Keamanan besar dari Rusia, China dan Iran
MI5 menyebut Inggris menghadapi ancaman keamanan dari Rusia, China, dan Iran. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Unit Intelijen Militer Inggris, MI5 mengatakan,negara itumenghadapi ancaman keamanan besar dari trio Rusia, China, dan Iran, yang semuanya menggunakan paksaan, intimidasi, dan kekerasan untuk mengejar kepentingan mereka

MI5 mengungkapkan setidaknya ada 10 ancaman potensial oleh Iran untuk menculik atau membunuh orang-orang yang berbasis di Inggris atau Inggris tahun ini.

Angka tersebut diungkapkan oleh kepala MI5, Ken McCallum, dalam update tahunannya tentang ancaman yang dihadapi Inggris.

McCallum juga memperingatkan Inggris harus siap untuk agresi Rusia di tahun-tahun mendatang, sembari menambahkan China adalah tantangan yang abadi.

Namun dia mengatakan Rusia telah mengalami kemunduran strategis setelah pengusiran massal mata-matanya di seluruh dunia setelah invasi ke Ukraina.

"Tidak seorang pun boleh berada di bawah ilusi tentang luasnya dan keragaman ancaman yang kita hadapi pada tahun 2022," kata McCallum kepada audiensi di dalam Thames House, markas dinas keamanan London, seperti dilansir dari BBC, Kamis (16/11/2022).

Dia memperingatkan perubahan terbesar yang dilihat layanannya datang dari ancaman yang ditimbulkan oleh negara lain yang "tidak takut dengan taktik yang mereka terapkan".

Dikatakan oleh McCallum Iran memproyeksikan ancaman langsung di Inggris melalui badan intelijen agresif. Ini termasuk ambisi untuk menculik atau bahkan membunuh orang Inggris atau warga Inggris yang dianggap sebagai musuh rezim.

"Kami telah melihat setidaknya 10 potensi ancaman seperti itu sejak Januari saja," ungkapnya.



Pekan lalu terungkap bahwa jurnalis Iran yang berbasis di Inggris telah menerima peringatan dari polisi tentang potensi risiko terhadap kehidupan mereka.

McCallum mengatakan MI5 telah bekerja dengan mitra domestik dan internasional untuk mengganggu apa yang disebutnya "aktivitas yang sama sekali tidak dapat diterima".

Dia mengatakan dia tidak dapat memberikan rincian lebih lanjut tentang plot potensial tetapi mengatakan Iran kadang-kadang beroperasi menggunakan mata-mata mereka sendiri dan kadang-kadang orang lain bekerja atas nama mereka menggunakan kombinasi taktik, kadang-kadang mengambil tindakan di negara-negara Barat dan kadang-kadang mencoba memikat orang kembali ke Iran.

Dia mengatakan kesediaan negara untuk melakukan tindakan "sembrono" telah terlihat di seluruh Eropa dalam beberapa tahun terakhir.

Kepala MI5 itu juga mengatakan Iran juga telah memberikan dukungan kepada Rusia, termasuk dengan memasok drone yang dikatakannya telah "menimbulkan kesengsaraan" di Ukraina.

Dia memperingatkan invasi Rusia ke Ukraina telah "meningkatkan pertanyaan keamanan nasional, beberapa pemikiran yang dimasukkan ke dalam buku sejarah".

Dia memperingatkan Moskow akan terus menggunakan campuran ancaman terselubung - seperti mata-mata dan serangan dunia maya - serta cara yang lebih terbuka seperti tekanan pada harga energi dan disinformasi untuk menargetkan Inggris.

"Mereka akan terus menyerang kita," ujarnya.

Tetapi kepala MI5 itu menyuarakan nada optimis tentang kemampuan negara-negara untuk mempersulit operasi mata-mata Rusia.



McCallum mengungkapkan lebih dari 600 pejabat Rusia telah diusir di seluruh dunia sejak invasi ke Ukraina pada Februari dan lebih dari 400 diyakini sebagai mata-mata.

"Ini merupakan pukulan strategis paling signifikan terhadap dinas intelijen Rusia dalam sejarah Eropa baru-baru ini," ucapnya.

Di Inggris, 23 mata-mata Rusia yang menyamar sebagai diplomat telah diusir. Tetapi selain itu, kata McCallum, sekitar 100 orang Rusia lainnya telah ditolak visa diplomatiknya dengan alasan keamanan nasional untuk menggantikan mereka.

"Kita tidak boleh berpuas diri," kepala MI5 itu memperingatkan.

"Kita harus bersiap untuk mengantisipasi agresi Rusia secara terselubung dan terang-terangan terhadap Inggris di tahun-tahun mendatang," ujarnya.

Dia juga memperingatkan China adalah "tantangan besar dan abadi" yang menggunakan "segala cara yang mereka miliki" untuk memantau dan terkadang mengintimidasi mereka yang dianggap lawan.

Baru-baru ini seorang pengunjuk rasa pro-demokrasi diserang di konsulat China di Manchester.

"Kami melihat indikasi lebih lanjut dari represi itu," kata kepala MI5, menambahkan ini melampaui laporan kantor polisi luar negeri ke cara lain untuk menekan mereka yang menantang Beijing.

"Untuk mengintimidasi dan melecehkan warga negara Inggris atau mereka yang menjadikan Inggris rumah mereka tidak dapat ditoleransi," kata McCallum.



Pada bulan Januari, MI5 mengeluarkan peringatan gangguan yang tidak biasa tentang upaya China untuk mempengaruhi politik Inggris dan McCallum mengatakan dinas intelijen China terus mencoba untuk mempengaruhi kehidupan publik, termasuk dengan merekrut agen potensial di awal karir mereka, misalnya sebagai anggota dewan lokal atau sebelum mereka menjadi caleg.

Terorisme tetap menjadi ancaman, katanya, meski tidak separah beberapa tahun lalu.

Ia mengatakan sejak 2017, MI5 dan polisi telah menggagalkan 37 rencana serangan tahap akhir, meningkat delapan kali sejak pembaruan ancamannya tahun lalu.

Ini adalah campuran dari Islamis dan terorisme sayap kanan ekstrim.

Yang terakhir, dia mengatakan MI5 melihat semakin banyak pengaruh ekstremis sayap kanan yang beroperasi secara global dan memperkuat teori konspirasi.

Dia mengatakan MI5 masih melihat kelompok-kelompok teror internasional mencoba untuk berkumpul kembali dan juga apa yang disebutnya "masalah jahat dari teroris aktor tunggal yang diprakarsai sendiri, sangat sulit untuk dideteksi dan diganggu".

Kekhawatirannya adalah meningkatnya upaya untuk memperoleh senjata api, termasuk senjata buatan sendiri dan senjata printer 3-D.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)