Bunuh Tentara AS Dapat Hadiah, Pentagon: Belum Ada Bukti Kuat

Selasa, 30 Juni 2020 - 20:59 WIB
loading...
Bunuh Tentara AS Dapat Hadiah, Pentagon: Belum Ada Bukti Kuat
Pentagon menyatakan belum ada bukti kuat terkait isu membunuh tentara AS mendapatkan hadiah. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan pihaknya belum memvalidasi laporan intelijen yang menilai bahwa Rusia menawarkan hadiah kepada gerilyawan Taliban untuk membunuh pasukan koalisi, termasuk AS, di Afghanistan .

“Departemen Pertahanan terus mengevaluasi intelijen bahwa para agen GRU Rusia terlibat dalam kegiatan memfitnah terhadap Amerika Serikat dan pasukan koalisi di Afghanistan. Sampai saat ini, DOD tidak memiliki bukti yang menguatkan untuk memvalidasi dugaan baru-baru ini yang ditemukan dalam laporan sumber terbuka,” kata juru bicara Pentagon Jonathan Hoffman dalam sebuah pernyataan, menggunakan akronim dari Departemen Pertahanan AS.

"Terlepas dari itu, kami selalu memperhatikan keselamatan dan keamanan pasukan kami di Afghanistan - dan di seluruh dunia - yang paling serius dan oleh karena itu terus mengambil langkah-langkah untuk mencegah bahaya dari ancaman potensial," lanjutnya seperti dikutip dari The Hill, Selasa (30/6/2020).

Presiden Trump telah mengklaim bahwa ia tidak diberitahu tentang rincian intelijen, yang pertama kali dilaporkan oleh The New York Times pada hari Jumat. (Baca: NYT: Intel AS Sebut Rusia Perintahkan Pembunuhan Tentara Amerika di Afghanistan )

"Mungkin tipuan Rusia yang dibuat-buat, mungkin oleh Berita Palsu @nytimesbooks, yang ingin membuat kaum Republikan terlihat buruk !!!" tweet Trump pada hari Minggu, mengacu pada laporan itu. (Baca: Soal Isu Hadiah untuk Tewaskan Tentara AS, Ini Kata Trump )

Beberapa gerai melaporkan bahwa Trump diberi pengarahan tentang intelijen dan bahwa pejabat administrasi tidak mengizinkan tindakan lebih lanjut.

The Washington Post melaporkan pada hari Minggu bahwa penilaian intelijen menyimpulkan bahwa hadiah menyebabkan kematian tentara AS dan The Associated Press melaporkan pada hari Senin bahwa pejabat tinggi Gedung Putih mengetahui intelijen mengindikasikan bahwa Rusia menawarkan hadiah pada awal 2019. (Baca: Gedung Putih Bantah Trump Telah Diberitahu Soal Rusia 'Buru' Tentara AS di Afghanistan )

Anggota parlemen pun lantas meminta jawaban atas laporan tersebut.

Sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan kepada "Fox & Friends" pada hari Senin bahwa anggota parlemen akan diberi pengarahan tentang masalah ini.

"Intelijen, kami tidak mengomentarinya secara rutin tetapi hanya agar Anda tahu cara kerjanya, (laporan) itu diperiksa untuk kebenarannya dan hanya pergi ke presiden dan pejabat tingkat tinggi ketika dianggap dapat diverifikasi dan kredibel," katanya.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)