Negara-negara yang Bersengketa Wilayah dengan China

Sabtu, 23 Juli 2022 - 06:15 WIB
loading...
A A A
Namun nyatanya, China serta Korea Selatan memperebutkan kawasan tersebut yang dinilai berada di zona ekonomi eksklusif masing-masing negara.

3. Indonesia

Pada 2021, pemerintah China meminta pemerintah Indonesia menghentikan pengeboran minyak serta gas alam di Laut China Selatan. China mengeklaim kawasan tersebut adalah milik China.

Namun, pemerintah Indonesia menegaskan, ujung selatan Laut China Selatan adalah zona ekonomi eksklusif milik pemerintah Indonesia yang berada di bawah Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

Berdasarkan konvensi PBB tersebut, pada 2017 wilayah tersebut dinamakan Laut Natuna Utara.

Sengketa di Laut China Selatan ini terjadi sejak 1947. Natuna diketahui menyimpan potensi, yaitu minyak dan gas, posisi yang strategis sebagai jalur perdagangan, hingga sumber daya perikanan.

4. India

Perkelahian antara pasukan China dan India di Lembah Galwan di Ladakh, wilayah perbatasan Himalaya yang disengketakan telah menewaskan setidaknya 20 tentara India pada 2020.

Lokasi bentrokan berada di garis kontrol aktual (LAC) antara kedua negara. China dan India berbagi perbatasan yang panjangnya lebih dari 3.440 kilometer persegi.

Lembah Galwan dengan wilayah yang terjal serta bebatuan ini terletak di sepanjang sektor barat LAC dan dekat dengan Aksai Chin, wilayah sengketa yang diklaim India namun dikendalikan oleh China.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)
pixels