Negara-negara Tetangga Lebanon, Salah Satunya di Ambang Perang dengan Hizbullah

Jum'at, 28 Juni 2024 - 14:43 WIB
loading...
Negara-negara Tetangga Lebanon, Salah Satunya di Ambang Perang dengan Hizbullah
Lebanon secara geografis hanya bertetangga dengan Suriah dan Israel. Kini, Israel di ambang perang habis-habisan dengan kelompok Hizbullah Lebanon. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Lebanon merupakan negara kecil di Timur Tengah dengan sejarah yang kompleks. Negara ini juga memiliki dinamika politik yang unik dengan negara-negara tetangganya.

Di Lebanon terdapat Hizbullah, sebuah faksi politik dan militer yang sangat kuat. Hizbullah yang pro-Iran dikenal sebagai musuh bebuyutan Israel dan pernah terlibat perang habis-habisan pada 2006—perang yang menyebabkan ribuan orang tewas di Lebanon dan kehancuran di negara tersebut.

Negara-negara Tetangga Lebanon


Secara geografis, Lebanon berbatasan langsung dengan Suriah dan Israel.

Suriah terletak di sebelah timur dan utara Lebanon. Sedangkan Israel terletak di sebelah selatan Lebanon. Lebanon berbatasan langsung dengan Laut Tengah di sebelah barat.



1. Suriah


Lebanon memiliki sejarah yang panjang dengan Suriah, terutama sejak pendudukan Suriah yang dimulai pada tahun 1976 selama Perang Saudara Lebanon.

Pendudukan ini berlangsung hingga tahun 2005 setelah tekanan internasional yang besar menyusul pembunuhan mantan Perdana Menteri (PM) Lebanon Rafik Hariri.

Hubungan antara kedua negara ini sangat terpengaruh oleh faktor-faktor sejarah, etnis, dan kepentingan geopolitik. Meskipun Suriah menarik pasukannya dari Lebanon, kedua negara masih memiliki keterkaitan yang kuat dalam hal keamanan dan politik regional.

Hizbullah, faksi politik dan militer yang kuat di Lebanon, telah membantu rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam Perang Saudara Suriah. Uniknya, keterlibatan Hizbullah ini tidak mewakili Lebanon.

2. Israel


Hubungan antara Lebanon dan Israel telah dipenuhi dengan konflik sejak pendirian Negara Israel pada tahun 1948.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0763 seconds (0.1#10.140)
pixels