China Buat Kapal 540 Kali Lebih Banyak per Tahun Dibandingkan Amerika Serikat

Kamis, 27 Juni 2024 - 19:30 WIB
loading...
China Buat Kapal 540 Kali Lebih Banyak per Tahun Dibandingkan Amerika Serikat
Kapal Penjaga Pantai China menembakkan meriam air ke arah kapal pasokan Filipina, Unaizah May 4 dalam perjalanan menuju misi pasokan di Second Thomas Shoal di Laut China Selatan, 5 Maret 2024. Foto/REUTERS/Adrian Portugal
A A A
WASHINGTON - China saat ini memproduksi kapal 540 kali lebih banyak per tahun dibandingkan Amerika Serikat (AS), menurut anggota Kongres AS John Moolenaar dalam sidang Kongres.

“Saat ini, Amerika Serikat menyumbang sepersepuluh dari 1% (0,1%) pembuatan kapal global, sementara galangan kapal China yang hampir 20% biaya operasionalnya disubsidi oleh Beijing menyumbang 54%,” ungkap Moolenar.

Moolenaar berpidato di depan Komite Pemilihan DPR AS pada sidang tentang persaingan strategis antara Amerika Serikat dan China yang diberi judul "Dari Teknologi Tinggi ke Baja Berat: Melawan Strategi Republik Rakyat China untuk Mendominasi Semikonduktor, Pembuatan Kapal, dan Drone."

“China berusaha membangun industrinya untuk membangun dominasi industri yang langgeng di seluruh dunia yang menjamin kemenangan ideologis global dari sistem otokratis dan anti-demokrasinya,” ujar Moolenaar.

“Partai Komunis China bercita-cita menjadi gudang otokrasi,” papar Moolenaar.

“Ambisi ini berbeda dengan deklarasi Presiden AS Franklin Roosevelt pada Perang Dunia II bahwa Amerika Serikat harus menjadi gudang demokrasi,” ujar Moolenaar.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3941 seconds (0.1#10.140)
pixels