Perang Besar Israel-Hizbullah dapat Meletus Tanpa Pemberitahuan dalam Beberapa Pekan

Sabtu, 29 Juni 2024 - 07:15 WIB
loading...
Perang Besar Israel-Hizbullah dapat Meletus Tanpa Pemberitahuan dalam Beberapa Pekan
Tentara Israel berdiri di dekat tank di dekat perbatasan Israel dengan Lebanon di Israel utara. Foto/REUTERS/Lisi Niesner
A A A
BEIRUT - Menurut laporan Politico, intelijen Amerika Serikat (AS) mengindikasikan perang berskala besar kemungkinan akan meletus antara Israel dan Hizbullah dalam "beberapa pekan ke depan" jika kesepakatan gencatan senjata di Gaza tidak tercapai.

Laporan tersebut mengatakan penilaian AS lebih konservatif daripada prediksi berbasis intelijen dari beberapa negara Eropa yang meyakini perang dapat meletus dalam beberapa hari.

Artikel Politico tersebut mengikuti laporan Middle East Eye pekan lalu bahwa AS telah memberi isyarat kepada Hizbullah melalui perantara Lebanon bahwa AS akan mendukung serangan Israel terhadap kelompok tersebut dalam beberapa pekan mendatang.

Asisten Deputi Presiden dan Penasihat Senior untuk Energi dan Investasi AS Amos Hochstein memberi tahu pejabat Lebanon bahwa Israel mengantisipasi sekitar lima pekan lagi pertempuran sengit di Gaza, setelah itu Israel akan menghentikan serangan utamanya di wilayah kantong tersebut.

Namun, Israel akan terus menargetkan pejabat senior Hamas dan melakukan serangan untuk membebaskan sandera.

“Hochstein mengatakan jeda pertempuran di Gaza yang disebutkan memberi Hizbullah dan Israel kesempatan mengakhiri konflik mereka dan memulai negosiasi, dengan atau tanpa perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Hamas,” ungkap pejabat Arab yang berbicara kepada MEE dengan syarat anonim.



Israel mengatakan telah menyusun rencana untuk serangan terbatas terhadap Hizbullah. Hizbullah juga mengatakan siap berperang dan memiliki sejumlah target Israel, termasuk di Mediterania.

Namun, Politico melaporkan AS yakin perang kemungkinan akan dimulai dengan kedua belah pihak salah perhitungan.

Mengutip pejabat AS, Politico melaporkan, "Katalisator perang, serangan besar oleh salah satu pihak, misalnya, kemungkinan akan terjadi dengan sedikit pemberitahuan."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)
pixels