Profil Osama bin Laden, Pemimpin al-Qaeda yang Pernah Dituduh sebagai Agen CIA

Kamis, 21 Juli 2022 - 08:21 WIB
loading...
A A A
Untuk tahun kelahirannya, tidak ada yang mengetahuinya dengan pasti. Namun banyak pihak memprediksi bahwa Osama lahir di antara tahun 1957 atau 1958.



Dia merupakan anak ke-17 dari 52 anak-anak Mohammed bin Laden. Mohammed adalah seorang migran asal Yaman yang memiliki perusahaan konstruksi terbesar di Arab Saudi.

Berasal dari keluarga terpandang, Osama mendapat banyak keistimewaan sejak kecil dan mendapat pengasuhan yang sangat ketat.

Saudara-saudaranya berkesempatan untuk menuntut ilmu di negara-negara Barat dan membantu sang ayah meneruskan eksistensi perusahaan keluarganya.

Berbeda dengan para saudaranya yang cenderung terbuka dan siap menerima peradaban baru, Osama lebih tertutup dan memilih untuk berdiam diri di rumah.

Osama bersekolah di Jeddah dan menikah di usia muda. Seperti layaknya para pemuda Saudi, Osama bergabung dengan Ikhwanul Muslimin Islam atau Islamist Muslim Brotherhood.

Menurut pemikiran dan apa yang dia lihat, Islam bukanlah hanya sebuah agama. Islam juga merupakan pandangan politik yang mengilhami berbagai keputusan yang Osama buat.

Pemikiran radikalnya mulai berkembang saat dia duduk di bangku kuliah, pada akhir era 1970-an.

Osama tercatat sebagai pengikut Abdullah Azzam, seorang radikal yang mempercayai bahwa seluruh penganut agama Islam harus berjihad dalam sebuah perang demi membentuk negara Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)