Lawan Ancaman Iran, Biden Bertemu Negara-negara Teluk

Sabtu, 16 Juli 2022 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Biden sejatinya berusaha untuk membangun kembali kerja sama dengan raja Saudi dan putra mahkota setelah pernah berjanji untuk menjadikan kerajaan itu "pariah" untuk pelanggaran hak asasi manusianya.

“Saya katakan, dengan sangat lugas, bagi seorang presiden Amerika untuk diam tentang masalah hak asasi manusia tidak konsisten dengan siapa kita dan siapa saya,” kata Biden. “Saya akan selalu membela nilai-nilai kita,” tegasnya.

Intelijen AS percaya bahwa putra mahkota Arab Saudi kemungkinan menyetujui pembunuhan Jamal Khashoggi, seorang penulis yang berbasis di AS, empat tahun lalu. Biden mengatakan Pangeran Mohammed mengklaim bahwa dia "tidak bertanggung jawab secara pribadi" atas kematian itu.

"Saya menunjukkan saya pikir dia (terlibat)," kata Biden.

Adapun kekhawatiran AS atas perluasan jangkauan China, China tampaknya bersedia memberi Arab Saudi teknologi rudal dan nuklir di mana AS sendiri ragu untuk melakukannya.China juga merupakan pembeli terbesar minyak Saudi.



Bagi Irak, yang memiliki hubungan terdalam dan terkuat dengan Iran di antara semua negara Arab, kehadirannya di pertemuan tersebut mencerminkan upaya Arab Saudi — yang didukung oleh AS — untuk membawa Irak lebih dekat ke posisi Arab dan apa yang disebut lipatan Arab.

Irak telah menjadi tuan rumah sekitar lima putaran pembicaraan langsung antara pejabat Arab Saudi dan Iran sejak Biden menjabat, meskipun pembicaraan itu hanya menghasilkan sedikit hasil.

Menjelang KTT, Perdana Menteri Irak Mustafa al-Khadhimi, yang selamat dari upaya pembunuhan dengan drone bersenjata pada bulan November, menulis dalam Kebijakan Luar Negeri bahwa Irak menghadapi banyak masalah, tetapi bekerja untuk memecahkan masalah Irak dengan solusi Irak.

“Ketika Presiden AS Joe Biden datang ke Timur Tengah minggu ini, dia akan tiba di kawasan yang menghadapi banyak tantangan, dari terorisme hingga kerawanan pangan dan perubahan iklim,” tulisnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)