Lawan Ancaman Iran, Biden Bertemu Negara-negara Teluk

Sabtu, 16 Juli 2022 - 16:00 WIB
loading...
Lawan Ancaman Iran, Biden Bertemu Negara-negara Teluk
Presiden AS Joe Biden melakukan pertemuan dengan negara-negara Teluk untuk melawan ancaman Iran. Foto/AP
A A A
JEDDAH - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan memaparkan strateginya untuk Timur Tengah saat ia menutup perjalanan terakhirnya dalam kunjungan selama 4 hari ke wilayah itu yang dimaksudkan untuk meningkatkan posisi AS dan menyatukan kawasan itu melawan Iran .

Dikutip dari AP, Sabtu (16/7/2022), di kota pelabuhan Laut Merah Jeddah, Biden akan bertemu dengan kepala negara dari enam negara Teluk Arab, ditambah Mesir, Yordania dan Irak untuk pertemuan puncak regional.

Untuk diketahui, tak sak satu pun dari negara yang hadir dalam pertemuan itu bergerak sejalan dengan AS untuk memberikan sanksi kepada Rusia, prioritas kebijakan utama luar negeri bagi pemerintahan Biden. Jika ada, Uni Emirat Arab (UEA) telah muncul sebagai semacam surga keuangan bagi miliarder Rusia dan kapal pesiar jutaan dolar mereka. Sedangkan Mesir tetap terbuka untuk turis Rusia.

Menurut Gedung Putih, dalam pertemuan itu, Biden akan menawarkan visinya untuk kawasan itu dan bagaimana AS dapat bekerja sama dengannya. Pemerintahan Biden juga akan mengumumkan di KTT itu bantuan keamanan pangan senilai USD1 miliar untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, menurut pejabat pemerintah.

Pada KTT itu, Biden akan mendengarkan keprihatinan tentang stabilitas dan keamanan kawasan, serta kekhawatiran tentang ketahanan pangan, perubahan iklim, dan ancaman terorisme yang berkelanjutan.

Secara keseluruhan, hanya sedikit yang disepakati oleh sembilan kepala negara Timur Tengah dalam hal kebijakan luar negeri. Misalnya, Arab Saudi, Bahrain, dan Uni Emirat Arab berusaha mengisolasi dan menekan Iran di atas jangkauan dan proksi regionalnya. Di sisi lain, Oman dan Qatar, memiliki hubungan diplomatik yang kuat dengan Iran dan telah bertindak sebagai perantara pembicaraan antara Washington dan Teheran.

Qatar baru-baru ini menjadi tuan rumah pembicaraan antara pejabat AS dan Iran ketika mereka mencoba untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir Iran. Iran tidak hanya berbagi ladang gas bawah laut yang besar dengan Qatar di Teluk Persia, Iran juga bergegas membantu Qatar ketika Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan dan memberlakukan embargo selama bertahun-tahun terhadap Qatar yang berakhir tidak lama sebelum Biden mengambil alih Gedung Putih.



Tindakan Biden telah membuat frustrasi beberapa pemimpin Teluk Arab. Sementara AS telah memainkan peran penting dalam mendorong gencatan senjata selama berbulan-bulan di Yaman, keputusan Biden untuk mencabut langkah era Trump yang telah mendaftarkan pemberontak Yaman Houthi sebagai kelompok teroris telah membuat marah kepemimpinan UEA dan Saudi.

Pada hari Jumat, Biden menghantam Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, pemimpin de facto kerajaan, ketika ia tiba di istana kerajaan di Jeddah. Tetapi dia menolak anggapan bahwa dia mengabaikan pelanggaran hak asasi manusia Arab Saudi ketika dia mencoba untuk mengatur ulang hubungan diplomatik penuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)