10 Skandal Politik yang Mengguncang AS dalam Setengah Abad Sejak Watergate

Minggu, 19 Juni 2022 - 07:00 WIB
loading...
A A A
6. Penyadapan NSA

Pelapor Badan Keamanan Nasional (NSA) Edward Snowden meninggalkan agensi dan AS pada 2013 sebelum membocorkan puluhan ribu dokumen rahasia kepada pendiri The Intercept Glenn Greenwald dan jurnalis lainnya.

Pengungkapan kunci Snowden adalah bahwa NSA telah memaksa perusahaan telekomunikasi untuk menyerahkan jutaan catatan 'metadata' pengguna, termasuk daftar nomor yang dihubungi dan durasi panggilan, dalam latihan pengintaian massal. Sebuah pengadilan federal AS pada tahun 2020 memutuskan bahwa pengintaian NSA adalah ilegal dan berpotensi inkonstitusional, tetapi Snowden tetap berada di pengasingannya di Rusia.



7. Server Email Hillary Clinton

Ambisi istri senator Bill Clinton sebagai orang nomor satu di AS itu pertama kali dihancurkan oleh Barack Obama di pemilihan pendahuluan 2008, tetapi menerima hadiah hiburan dengan penunjukannya sebagai menteri luar negeri. Tetapi masalah segera menyusul ketika dia memutuskan untuk memasang server email pribadi di ruang bawah tanah rumahnya yang dia pakai untuk mengirimi email Departemen Luar Negeri - berpotensi berisi informasi rahasia yang melanggar hukum federal.

Hillary mundur sebagai menteri luar negeri AS pada 2013 untuk mempersiapkan kampanye pemilihan presiden 2016 - di mana saingannya dari Partai Republik Donald Trump fokus pada tuduhan dengan slogannya "kunci dia!"

Direktur FBI James Comey meluncurkan penyelidikan yang terlambat pada tahun 2015, setahun setelah kekhawatiran pertama kali diangkat oleh staf Departemen Luar Negeri, tetapi pada saat itu 31.000 email yang mungkin berisi bukti kesalahan telah dihapus secara permanen dari server Hillary.

8. Russiagate dan Steele Dossier

Ambisi kedua Hillary Clinton untuk kursi kepresidenan digagalkan lagi, kali ini oleh orang luar Beltway Donald Trump. Ketika kemenangan semakin tampak menyelinap melalui jari-jarinya - terutama setelah pidato "keranjang tercela" yang membawa bencana - kampanye Partai Demokrat menggunakan taktik curang.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)