10 Skandal Politik yang Mengguncang AS dalam Setengah Abad Sejak Watergate

Minggu, 19 Juni 2022 - 07:00 WIB
loading...
A A A
2. Iran-Contra Affair

Dihadapkan dengan serangkaian pemungutan suara Kongres untuk membatasi dana AS untuk Nikaragua Contras yang terkenal melawan pemerintahan Sandinista yang dipilih secara demokratis dari Daniel Ortega, pemerintahan Ronald Reagan mencari cara rahasia untuk mempersenjatai gerilyawan terlepas dari berapa banyak kekejaman yang dituduhkan kepada mereka.

Anggota Dewan Keamanan Nasional saat itu Kolonel Oliver North diberi tugas menyelundupkan rudal anti-tank TOW dan rudal permukaan-ke-udara HAWK ke Iran yang dinyatakan sebagai musuh AS, kemudian di bawah embargo senjata. Uang yang terkumpul digunakan untuk membeli senjata untuk Contras.

Skandal itu terungkap pada tahun 1986, dan North akhirnya dihukum pada tahun 1989 karena mengambil "persenan ilegal" dan tuduhan penghalang. Hukumannya ditangguhkan selama tiga tahun. Orang lain yang didakwa atas affair itu termasuk menteri pertahanan Reagan, Caspar Weinberger. Di antara mereka yang dihukum adalah Elliot Abrams, yang kemudian ditunjuk sebagai utusan AS untuk Venezuela oleh Donald Trump.

Tetapi terdakwa diampuni pada tahun 1993 oleh presiden George HW Bush, yang merupakan Wakil Presiden Reagan pada saat kesepakatan senjata.

Dua penyelidikan menyatakan bahwa Reagan tidak mengetahui tentang penjualan senjata ke Iran, meskipun catatan tertulis Weinberger menunjukkan bahwa dia mengetahui penjualan rudal ke "elemen moderat" di Iran dan kesepakatan potensial untuk membebaskan sandera. North kemudian terpilih sebagai presiden Asosiasi Senapan Nasional dari 2018 hingga 2019.

3. Bill Clinton dan Monica Lewinksy

Penerus Bush senior, Bill Clinton, terlibat skandal seks yang menghebohkan saat menduduki Gedung Putih. Dua masa jabatannya dibayangi oleh cerita cabul perselingkuhannya dengan pegawai magang Monica Lewinsky, yang melakukan seks oral padanya di Ruang Oval.

Clinton berhasil lolos dari proses pemakzulan dari penyelidikan oleh penasihat independen Ken Starr, yang awalnya dibentuk untuk menyelidiki skandal real-estate Whitewater di mana presiden dan istrinya, Hillary, terlibat. Clinton mengakhiri masa kepresidenannya dengan memberikan ratusan pengampunan, termasuk kepada adik tirinya Roger karena transaksi kokain dan penipu Marc Rich.

Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)