10 Skandal Politik yang Mengguncang AS dalam Setengah Abad Sejak Watergate

Minggu, 19 Juni 2022 - 07:00 WIB
loading...
A A A
4. Memogate

George Bush junior paling terkenal karena memerintahkan invasi ke Irak tahun 2003 atas dasar klaim intelijen yang lemah bahwa presiden Saddam Hussein menimbun senjata kimia dan biologi. Tetapi Kongres AS menjadikan dirinya bagian dari kejahatan dengan mendukung perang.

Klaim lebih memalukan adalah bahwa Bush seorang 'chickenhawk' yang menghindari wajib militer untuk berperang dalam perang Vietnam dengan bertugas di Texas Air National Guard 1968-1974. Catatan menunjukkan Bush mengambil waktu keluar dari angkatan udara teritorial pada tahun 1972 untuk bekerja bagi kampanye pemilihan Senat yang gagal dari Winton M. Blount di Alabama setelah kehilangan izin terbangnya karena gagal menghadiri pemeriksaan fisik.

Pada bulan September 2004, hanya dua bulan sebelum pemilihan presiden, pembawa acara CBS 60 Minutes Dan Almost "diguyur" dengan enam surat yang diduga ditulis oleh komandan skuadron Bush, Letnan Kolonel Jerry B. Killian, di mana perwira senior itu mengeluh bahwa dia telah ditekan di atas formulir untuk memberikan Bush mendapat nilai yang lebih baik dalam evaluasi tahunannya dan tidak bisa lagi menutupi ketidakhadiran pilot muda itu dari tugas.

Keaslian surat-surat itu ditentang dan CBS meminta maaf, tetapi label 'chickenhawk' tetap melekat pada Bush Junior. Saingan Bush dari Partai Demokrat yang gagal dalam pemilihan presiden, John Kerry, juga menjadi sasaran para veteran Perang Vietnam yang menuduhnya meningkatkan rekor kedinasannya sendiri.

5. WikiLeaks

Situs whistleblowing ini menjadi terkenal setelah pada April 2010 merilis rekaman helikopter AS di Baghdad pada 2007 yang menewaskan sedikitnya 12 warga sipil, termasuk beberapa wartawan Irak yang bekerja untuk agen Reuters. Kemudian, rilis dokumen militer AS yang merinci kekejaman menyusul kemudian.

Namun, pembalasan dari Washington berlangsung cepat. Analis intelijen Angkatan Darat AS Chelsea Manning ditangkap dalam beberapa bulan, diadili dan dijatuhi hukuman 35 tahun penjara oleh pengadilan militer pada tahun 2013. Manning diampuni oleh presiden yang akan lengser saat itu Barack Obama pada tahun 2017, tetapi kemudian dipenjara lagi karena penghinaan terhadap pengadilan.

Menyusul tuduhan pemerkosaan di Swedia pada 2010 — sejak dijatuhkan oleh jaksa di sana — Julian Assange terpaksa tinggal di Inggris sementara sidang ekstradisinya berlanjut. Dia diberikan suaka di kedutaan Ekuador di London pada 2012 setelah banding terakhirnya ditolak, dan tinggal di sana sampai pemerintah baru Lenin Moreno mengusirnya pada 2019. Salah satu perselisihannya dengan pemerintah Ekuador adalah tentang rilis email komite Partai Nasional Demokrat oleh Wikileaks.

Assange dipenjara di penjara dengan keamanan tinggi Belmarsh sementara AS memulai proses ekstradisinya sendiri, yang akhirnya disetujui oleh Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel pada peringatan 50 tahun pembobolan Watergate.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)