10 Skandal Politik yang Mengguncang AS dalam Setengah Abad Sejak Watergate

Minggu, 19 Juni 2022 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Mereka berhasil membuat Hillary melihat lebih awal pertanyaan debat presiden, untuk mengikat Trump dengan hubungan yang tidak ada dengan bank Rusia, dan akhirnya mempekerjakan pensiunan mata-mata Inggris Christopher Steele untuk mengacak-acak file yang penuh dengan tuduhan skandal terhadap taipan properti itu.

Berkas Steele berisi klaim yang terkenal cabul - tetapi tidak pernah dibuktikan - bahwa Trump menyewa suite hotel eksklusif tempat Barack dan Michelle Obama pernah tidur, mereka membayar dua pelacur untuk buang air kecil di tempat tidur di depannya.

Setelah gagal menyelidiki server email Clinton tepat waktu, direktur FBI Comey meluncurkan operasi 'Crossfire Hurricane' sebagai tanggapan atas klaim Demokrat bahwa Trump hanya menang berkat "kolusi Rusia" dan "peretasan" pemilihan. Pemecatan Comey oleh Trump pada 2017 memicu tuduhan menghalangi keadilan terhadap presiden, yang mengarah ke penyelidikan kongres oleh Penasihat Khusus Robert Mueller.

Trump terus mengangkat Russiagate sebagai bukti konspirasi negara dalam melawan kepresidenannya.

9. Laptop dari Neraka Hunter Biden

'Kejutan Oktober' dalam pemilihan presiden 2020 sangat menarik: komputer laptop ditinggalkan oleh putra kandidat Partai Demokrat Joe Biden, Hunter, di bengkel Delaware. Hard-drive berisi segudang email memberatkan yang menyarankan pembayaran tunai untuk pengaruh kepada "orang besar", bersama dengan foto-foto Hunter yang merokok kokain dan telanjang dengan pelacur.

Hunter sudah menjadi sorotan karena pengangkatannya ke dewan perusahaan gas Ukraina Burisma setelah kudeta Maidan Square 2014 - yang didukung oleh pemerintahan Obama yang ayahnya menjabat sebagai VP. Biden turun tangan untuk memaksa Kiev memecat jaksa agung Viktor Shokin ketika dia meluncurkan penyelidikan ke perusahaan itu.

Tetapi bagi sebagian orang, skandal sebenarnya adalah bagaimana pers arus utama dan situs media sosial menekan cerita itu begitu lama setelah pemilu, dengan Twitter dan Facebook memblokir postingan apa pun dari tautan ke New York Post yang diekspos.



10. Klaim Kecurangan Pilpres 2020 dan Kerusuhan Capitol
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)