Finlandia Bakal Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35 di Dekat Desa Sinterklas

Senin, 30 Mei 2022 - 07:37 WIB
loading...
A A A
Jika F-35 Finlandia yang ditempatkan di pangkalan Rovaniemi juga menjadi bagian dari pasukan QRA blok pimpinan AS, mereka akan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk mencegat pesawat militer Rusia yang terbang ke barat Semenanjung Kola.

Skenario seperti itu, bagaimanapun, tidak diberikan, dan F-35 Finlandia dapat ditugaskan untuk menjaga perbatasan darat negara sepanjang 1.340 kilometer dengan Rusia, sementara rekan Norwegia mereka tetap melayani sebagai bagian dari pasukan QRA NATO di utara.

Pada hari Jumat, Menteri Pertahanan Finlandia, Antti Kaikkonen, mengungkapkan bahwa Helsinki akan mengundang negara-negara “mitra” untuk melakukan lebih banyak latihan militer.

Latihan itu, yang diperkirakan akan dimulai musim panas ini, dimaksudkan untuk membawa militernya lebih sesuai dengan standar NATO serta untuk menunjukkan dukungan nyata ke Finlandia.

Sebagai negara netral selama beberapa dekade, Finlandia secara dramatis mengubah taktik untuk bergabung dengan blok militer setelah serangan Rusia ke Ukraina yang dimulai 24 Februari.

Ketika mengajukan keanggotaan NATO, pemerintah Finlandia menjelaskan bahwa mereka melihatnya sebagai pencegah terhadap potensi agresi Rusia.

Beberapa jajak pendapat yang dilakukan di negara itu juga menunjukkan bahwa sebanyak 75% orang Finlandia sekarang mendukung bergabung dengan NATO.

Persepsi umum tentang Finlandia sebagai negara netral pada akhirnya mungkin salah, seperti yang dikatakan Komisaris Uni Eropa untuk Kemitraan Internasional Jutta Urpilainen, seorang warga negara Finlandia.

“Finlandia belum benar-benar netral. Selama bertahun-tahun, kami semakin terintegrasi ke Barat,” jelasnya. "Menyusul aksesi Finlandia ke UE pada tahun 1995, bergabung dengan NATO adalah langkah alami berikutnya."

Rusia, pada bagiannya, bersikeras bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk menyerang tetangganya tersebut, menggambarkan keputusan Helsinki bergabung dengan NATO tidak beralasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)