Tentara Israel Tembak Mati Jurnalis Shireen Abu Akleh, Begini Kemarahan Dunia

Kamis, 12 Mei 2022 - 12:30 WIB
loading...
A A A
“Ini, tentu saja, bukan peristiwa satu kali, kita tahu bahwa pasukan Israel secara sistematis telah menggunakan kekuatan yang berlebihan. Ini adalah peristiwa yang perlu dipahami dalam konteks praktik sistemik ini dan pembunuhan banyak jurnalis Palestina lainnya,” katanya.

Federasi Jurnalis Internasional

Kelompok hak media global, Federasi Jurnalis Internasional, mengecam keras pembunuhan itu dan menuntut "penyelidikan segera".

Reporters Without Borders

Christophe Deloire, Sekretaris Jenderal dan Direktur Jenderal Reporters Without Borders (RSF), menulis di Twitter bahwa pembunuhan Abu Akleh merupakan pelanggaran berat terhadap Konvensi Jenewa yang mengamanatkan perlindungan warga sipil, dan resolusi Dewan Keamanan PBB 2222 tentang perlindungan wartawan.

National Union of Journalists

National Union of Journalists (NUJ), yang mewakili jurnalis di Inggris dan Irlandia, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka terkejut dengan pembunuhan itu dan menyerukan penyelidikan cepat untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab.

“Serangan terhadap jurnalis Palestina di Israel telah dikutuk oleh NUJ dan Federasi Jurnalis Internasional dan tindakan harus diambil oleh otoritas Israel untuk memastikan keselamatan dan perlindungan jurnalis di negara itu,” kata NUJ.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)