Cerita di Balik Dokumenter Putri Kerajaan Arab Saudi Dieksekusi karena Zina

Selasa, 10 Mei 2022 - 15:42 WIB
loading...
A A A
“Tetapi sebagai pembuat film dokumenter, Anda harus melakukan banyak penelitian sampai Anda benar-benar yakin bahwa Anda memiliki cerita yang tepat.”

Cerita itu datang melalui putri Saudi lain yang bertemu dengannya secara rahasia selama kunjungannya ke Arab Saudi pada Oktober 1978. Putri itu mengatakan kepadanya bahwa banyak putri di Keluarga Saud memiliki teman kencan, tetapi Mishaal telah membuat kesalahan dengan jatuh cinta.

Menurut sebagian besar pengakuan, pria itu adalah Khaled Al-Shaer yang berusia 20 tahun saat itu.

Sedikit yang diketahui tentang dia di luar itu. Penelitian Thomas menemukan bahwa Mishaal sudah menikah di awal masa remajanya, namun dia diduga berencana untuk kawin lari dengan Al-Shaer di London selama liburan yang akan datang.

Namun ketika kakeknya membatalkan perjalanan, pasangan itu terpaksa buru-buru membuat rencana lain. Suatu malam, di awal Juli, sang putri meletakkan pakaiannya di tepi laut agar terlihat seperti tenggelam.

Empat hari kemudian, dia terlihat mencoba naik pesawat dari Arab Saudi, menyamar sebagai pria. Putri Mishaal dan kekasihnya, yang sedang bersiap untuk naik pesawat yang sama, ditangkap.

Dua pengacara Islam di Arab Saudi kemudian menceritakan kepada Thomas bahwa tidak pernah ada pengadilan, menjelaskan mengapa eksekusi tidak dilakukan di halaman—standar di Jeddah—tetapi di tempat pembuangan sampah dekat hotel tempat Barry Milner menginap.

“Itu adalah keputusan kakek,” kata Thomas. "Dia sangat marah karena sang putri telah menodai namanya."

Berbekal informasi orang dalam, Thomas melanjutkan untuk menyelesaikan rekonstruksi peristiwa yang didramatisasi dengan bantuan David Fanning, produser eksekutif saluran serial dokumenter WGBH World.

Seluruh narasi didasarkan pada wawancara yang dilakukan Thomas, tetapi dengan mengidentifikasi detail diubah untuk melindungi sumbernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)