Cerita di Balik Dokumenter Putri Kerajaan Arab Saudi Dieksekusi karena Zina

Selasa, 10 Mei 2022 - 15:42 WIB
loading...
Cerita di Balik Dokumenter Putri Kerajaan Arab Saudi Dieksekusi karena Zina
Film dokumenter Death of a Princess yang menceritakan kisah nyata Mishaal binti Fahd, putri Kerajaan Arab Saudi yang dieksekusi mati karena berzina. Foto/The New Arab
A A A
RIYADH - Mishaal binti Fahd, dikenal sebagai putri Kerajaan Arab Saudi yang dieksekusi mati oleh otoritas kerajaan atas tuduhan berzina. Kerajaan awalnya menyembunyikan kisah kelam tersebut, namun film dokumenter telah membongkarnya.

Film dokumentar tersebut berjudul "Death of a Princess" dengan Suzanne Abou Taleb berperan sebagai Putri Mishaal.

Awal dari pembuatan film dokumenter ini sebenarnya bermula dari sebuah kebetulan.

Saat itu, tahun 1977, seorang tukang kayu asal Inggris bernama Barry Milner sedang kembali ke hotelnya usai bekerja di kota Jeddah, Arab Saudi. Saat pulang ke hotel, dia mendengar informasi bahwa seorang pria akan dipenggal di dekat tempatnya tinggal.

Milner, yang saat itu berusia 25 tahun, bergegas ke tempat kejadian. Dia membawa kamera Instamatic kecil yang dia sembunyikan di kotak rokoknya—-sebuah langkah yang berisiko.

Ketika dia tiba, dia melihat bukan satu orang mati, tetapi dua. Yang pertama adalah seorang putri Arab Saudi berusia 19 tahun bernama Mishaal binti Fahd bin Mohammed, keponakan dari Raja Khalid yang berkuasa. Dia ditembak tiga kali.

Kemudian Milner melihat seorang pria dibacok enam kali dengan pedang dan dipancung.



Enam bulan kemudian, pada 26 Januari 1978, foto Milner muncul di halaman depan tabloid Inggris; The Daily Express, dengan kesaksiannya tercetak di halaman tiga.

Kisah tragis itu memikat Antony Thomas, pembuat film Inggris berusia 37 tahun, yang mulai membuat film dokumenter tentang kematian sang putri Saudi.

Kisah pertama yang diyakini Thomas datang dari seorang teman yang baru-baru ini menghadiri pesta makan malam di London yang diselenggarakan oleh salah satu tokoh paling berpengaruh di Kerajaan Saudi.

Tuan rumah pesta diduga memberi tahu tamunya bahwa Putri Mishaal telah menolak untuk memenuhi persyaratan kontrak pernikahan dengan seorang pria yang dipilih untuknya oleh keluarga kerajaan.

Sebaliknya, dia telah membujuk Mohammad bin Abdulaziz al Saud—kakeknya dan kakak laki-laki Raja Khalid—untuk mengizinkannya belajar di Beirut.

Calon suaminya, menurut kisah itu, tidak punya pilihan selain mengikuti keputusan kakeknya yang kuat.

Di Beirut, Mishaal seolah-olah terinspirasi oleh sosialisme Arab, feminisme, dan keponakan duta besar Saudi, yang menjadi cinta dalam hidupnya.

Keduanya memamerkan hubungan mereka di depan umum, yang membuat sang putri segera dipanggil pulang ke kerajaan.

Di sanalah sang putri mengaku melakukan perzinaan tiga kali di depan pengadilan. Dia dikecam bersama kekasihnya dan dihukum mati.

Versi cerita ini juga bergema dengan wanita yang ditemui Thomas di seluruh dunia Arab, beberapa di antaranya bisa berhubungan dengan seorang putri yang lebih baik mati daripada hidup sebagai tahanan dalam keluarganya sendiri.

Tetapi ketika pembuat film menggali lebih dalam, dia tidak dapat menemukan jejak pendaftaran universitas di Beirut oleh Putri Mishaal atau melacak siapa pun yang secara pribadi mengenalnya di sana.

“Saya benar-benar ditarik kembali olehpengakuan awal,” kata Thomas, yang sekarang sudah sepuh.

“Tetapi sebagai pembuat film dokumenter, Anda harus melakukan banyak penelitian sampai Anda benar-benar yakin bahwa Anda memiliki cerita yang tepat.”

Cerita itu datang melalui putri Saudi lain yang bertemu dengannya secara rahasia selama kunjungannya ke Arab Saudi pada Oktober 1978. Putri itu mengatakan kepadanya bahwa banyak putri di Keluarga Saud memiliki teman kencan, tetapi Mishaal telah membuat kesalahan dengan jatuh cinta.

Menurut sebagian besar pengakuan, pria itu adalah Khaled Al-Shaer yang berusia 20 tahun saat itu.

Sedikit yang diketahui tentang dia di luar itu. Penelitian Thomas menemukan bahwa Mishaal sudah menikah di awal masa remajanya, namun dia diduga berencana untuk kawin lari dengan Al-Shaer di London selama liburan yang akan datang.

Namun ketika kakeknya membatalkan perjalanan, pasangan itu terpaksa buru-buru membuat rencana lain. Suatu malam, di awal Juli, sang putri meletakkan pakaiannya di tepi laut agar terlihat seperti tenggelam.

Empat hari kemudian, dia terlihat mencoba naik pesawat dari Arab Saudi, menyamar sebagai pria. Putri Mishaal dan kekasihnya, yang sedang bersiap untuk naik pesawat yang sama, ditangkap.

Dua pengacara Islam di Arab Saudi kemudian menceritakan kepada Thomas bahwa tidak pernah ada pengadilan, menjelaskan mengapa eksekusi tidak dilakukan di halaman—standar di Jeddah—tetapi di tempat pembuangan sampah dekat hotel tempat Barry Milner menginap.

“Itu adalah keputusan kakek,” kata Thomas. "Dia sangat marah karena sang putri telah menodai namanya."

Berbekal informasi orang dalam, Thomas melanjutkan untuk menyelesaikan rekonstruksi peristiwa yang didramatisasi dengan bantuan David Fanning, produser eksekutif saluran serial dokumenter WGBH World.

Seluruh narasi didasarkan pada wawancara yang dilakukan Thomas, tetapi dengan mengidentifikasi detail diubah untuk melindungi sumbernya.

Pemerintah Arab Saudi dilaporkan menekan ITV Inggris untuk membatalkan proyek film dokumenter tersebut.

Sebaliknya, ITV menayangkan "Death of a Princess" di Inggris pada 9 April 1980, dan memicu badai kemarahan.

Raja Saudi Khalid dengan cepat mengusir duta besar Inggris--yang dipanggil kembali lima bulan kemudian--dan mengancam akan menjatuhkan sanksi pada kepentingan bisnis Inggris. Beberapa orang di Inggris khawatir bahwa Arab Saudi akan memutuskan semua hubungan diplomatik.

Reaksi tersebut menimbulkan keraguan apakah film tersebut akan ditayangkan di Amerika Serikat (AS). Ada tekanan komersial dan politik dari anggota dan perusahaan Kongres seperti Mobil Oil.

Yang pertama khawatir kehilangan akses ke pasokan minyak Saudi; yang terakhir memiliki kepentingan bisnis di kerajaan dan merupakan sponsor dari PBS, yang berencana untuk menayangkan film dokumenter tersebut.

“Saya memberi tahu atasan saya bahwa jurnalisme itu benar,” kata Fanning. “Pada gilirannya, WGBH berdiri teguh. Mereka berjanji akan menayangkan film tersebut melalui satelit jika PBS menyerah.”

PBS tidak melakukannya, meskipun ada tekanan dari Departemen Luar Negeri AS. Dan pada 12 Mei 1980, "Death of a Princess" ditonton di seluruh Amerika, dengan jumlah penonton tertinggi yang pernah dilihat PBS.

Itu adalah ujian awal bagi hubungan Arab Saudi-AS dan untuk kekuatan tekanan politik atas televisi publik.

Ketakutan bahwa Saudi akan membalas terhadap AS, seperti yang mereka alami dengan Inggris, ternyata itu hanya ketakutan semata.

Sementara Inggris belum menayangkan ulang secara publik hingga saat ini, PBS menyiarkan film tersebut lagi pada tahun 2005 untuk menandai ulang tahun ke-25. Kali itu Saudi tidak membuat keributan, begitu pula dengan filmnya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)