Profil 3 Kota Terbesar di Korea Utara, Salah Satunya Berstatus Ibu Kota Negara

Senin, 09 Mei 2022 - 16:08 WIB
loading...
A A A
Secara geografis, kota ini terletak di cabang kiri sungai Songch’on, Provinsi Hamgyong Selatan, Timur Laut Korea Utara. Titik tertingginya adalah gunung Tonghung yang mencapai 319 meter.

Hamhung dikenal menjadi wilayah metropolitan utama dan paling populer di provinsi ini. Selain itu, diketahui juga bahwa kota ini menjadi pusat industri yang penting, khususnya pada bidang tekstil dan kimia.

Dikutip dari situs Young Pioneer Tours, terdapat beberapa tempat yang populer di kota ini yang menjadi daya tarik. Diantaranya adalah Hamhung Grand Theatre yang menjadi teater terbesar di Korea Utara.

Kemudian, Hamhung Central Square yang menjadi pusat kota dengan tampilan dua patung pimpinan Korea Utara, hingga Museum Sejarah Hamgyong Selatan.

Menurut situs World Population Review, jumlah populasi kota Hamhung mencapai 559.056 pada tahun 2022.

3. Chongjin

Chongjin merupakan ibu kota dari Provinsi Hamgyong Utara dan menjadi kota terbesar ketiga di Korea Utara. Terkadang, ada juga yang menyebutnya sebagai Kota Besi.

Profil 3 Kota Terbesar di Korea Utara, Salah Satunya Berstatus Ibu Kota Negara


Secara geografis, kota ini terletak di wilayah timur laut Korea Utara.

Dalam sejarahnya, Chongjin adalah desa nelayan kecil sebelum aneksasi Jepang atas Korea. Dibawah kepemimpinan Korea Utara, Chongjin menjadi pusat militer dan kota industri yang dikelola langsung oleh pemerintah pusat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)