Profil 3 Kota Terbesar di Korea Utara, Salah Satunya Berstatus Ibu Kota Negara

Senin, 09 Mei 2022 - 16:08 WIB
loading...
A A A
Setelah Korea Utara berdiri pada 1948 barulah Pyongyang ini menjadi ibu kotanya secara de facto.

Setelah hancur selama Perang Korea, Pyongyang dibangun kembali sesuai visi Kim Il-Sung, yaitu menciptakan ibu kota yang bisa meningkatkan moral pada periode pasca-perang.

Hasilnya adalah terbentuknya kota dengan jalan-jalan luas dan dipenuhi pepohonan, serta bangunan umum bertingkat.

Selain itu, Pyongyang juga menjadi pusat industri dan ekonomi Korea Utara. Banyaknya sumber daya alam seperti besi, batu bara dan batu kapur membuatnya menjadi kota industri pertama yang muncul pasca Perang Korea.

Dalam bidang transportasi, Pyongyang menjadi pusat transportasi utama negara ini. Kemudian, untuk aspek pendidikan sendiri terdapat Kim Il-Sung University yang menjadi universitas tertua di Korea Utara.

Terakhir, untuk populasinya sendiri, menurut situs World Population Review, jumlah penduduk yang ada di di Pyongyang mencapai 3.222.000 jiwa pada tahun 2022 ini.

2. Hamhung

Hamhung menjadi kota terbesar kedua di Korea Utara setelah Pyongyang. Hamhung sendiri merupakan ibu kota dari dari Provinsi Hamgyong Selatan.

Profil 3 Kota Terbesar di Korea Utara, Salah Satunya Berstatus Ibu Kota Negara


Dari sejarahnya, kota ini awalnya disebut Hamju atau Hamjumok sebelum akhirnya berganti menjadi Hamhung pada 1416. Kota ini juga pernah hancur sekitar 80-90% selama Perang Korea.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)