Nasib Pengkritik Zelensky yang Hilang di Ukraina Kini Terungkap

Sabtu, 23 April 2022 - 00:45 WIB
loading...
Nasib Pengkritik Zelensky yang Hilang di Ukraina Kini Terungkap
Jurnalis Alex Christoforou berbicara dengan Gonzalo Lira. Foto/YouTube/The Duran
A A A
KIEV - Blogger Chili-Amerika Serikat Gonzalo Lira yang hilang di kota Ukraina Kharkov sepekan yang lalu, muncul secara online pada Jumat (23/4/2022).

Dia mengungkapkan bahwa dia telah ditahan oleh Layanan Keamanan Ukraina (SBU).

“Saya di Kharkov. Saya oke. Saya hanya ingin mengatakan bahwa saya kembali online,” ungkap Lira dalam obrolan video singkat dengan jurnalis Alex Christoforou di saluran The Duran di YouTube.



“Saya dijemput oleh SBU pada hari Jumat, 15 April,” ungkap blogger tersebut.



Berbicara tentang kondisinya, pria berusia 54 tahun itu mengatakan dia “baik-baik saja secara fisik,” tetapi “sedikit bingung” dan “sedikit gelisah.”



Lira menjelaskan bahwa dia dilarang mengungkapkan detail apa pun tentang apa yang terjadi padanya dalam penahanan.

“Saya masih di Kharkov dan untuk saat ini saya tidak bisa pergi. Pihak berwenang di sini memberi tahu saya bahwa saya tidak dapat meninggalkan kota,” ujar dia.

Dia menambahkan bahwa komputer dan teleponnya diambil dan dia tidak memiliki akses ke akunnya di media sosial.

“Sepertinya ada banyak minat dalam kasus saya, yang luar biasa. Terima kasih. Tapi ada banyak orang lain, yang sejujurnya lebih layak mendapat perhatian,” papar blogger itu.

Lira mengacu pada tweetnya pada 26 Maret, di mana ia mencantumkan nama-nama tokoh oposisi Ukraina, yang diperkirakan telah meninggal atau hilang sejak pecahnya konflik.

Dia menambahkan, “Jika Anda belum mendengar kabar dari saya dalam 12 jam atau lebih, masukkan nama saya di daftar ini.”

Sejak dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina, Lira telah menggunakan YouTube, Twitter, dan Telegram untuk mengkritik perilaku Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan rezim Kiev di medan perang.

Dia juga berbicara tentang kecenderungan sayap kanan di militer Ukraina dan menyangkal apa yang dilihatnya sebagai laporan palsu tentang kejadian di lapangan.

Setelah hilangnya blogger tersebut, muncul beberapa klaim yang belum dikonfirmasi bahwa dia bisa saja diculik oleh kaum nasionalis yang terkait batalion Azov yang terkenal kejam. Muncul juga dugaan dia dieksekusi.

Lira yang menulis novel “Acrobat” dan merupakan pembuat film dengan pengalaman Hollywood sebelumnya mengklaim SBU telah melakukan setidaknya dua upaya lain untuk menahannya, tetapi dia beruntung menghindari penangkapan.

Lira juga menuduh Daily Beast menarik perhatian Kiev pada karyanya dan mengungkapkan lokasinya kepada penegak hukum negara itu.

Outlet sayap kiri AS mendedikasikan satu artikel besar untuk blogger itu pada 21 Maret, mengecamnya sebagai “Pro-Putin di Ukraina.”

Dalam artikel tersebut, wartawan Daily Beast mengatakan mereka telah menghubungi pihak berwenang Ukraina untuk mengetahui keberadaan pria itu dan untuk mengklarifikasi apakah dia masih berada di Kharkov di timur negara itu.

Hilangnya Lira selama sepekan dari media sosial sebagian besar telah diabaikan oleh media besar Barat. Seperti diketahui, media-media Barat menjadi pendukung Ukraina dalam perang melawan Rusia.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)