Putin: Kiev Cegah Pasukan Ukraina di Pabrik Azovstal untuk Menyerah

Sabtu, 23 April 2022 - 00:01 WIB
loading...
Putin: Kiev Cegah Pasukan Ukraina di Pabrik Azovstal untuk Menyerah
Pasukan Rusia mengepung sisa-sisa tentara Ukraina di pabrik Azovstal, Mariupol. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Presiden Dewan Eropa Charles Michel bahwa rezim Kiev mencegah pasukan Ukraina yang terkepung di pabrik baja Azovstal di Mariupol untuk menyerah.

Pada Kamis (21/4/2022), Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyatakan Mariupol telah dibebaskan dari pasukan Ukraina. Dia menambahkan, pasukan yang tersisa masih terkepung di pabrik baja Azovstal.

Layanan pers Kremlin mengatakan Putin mengadakan percakapan telepon "berlarut-larut" dengan Michel pada Jumat (22/4/2022).



Dalam percakapan itu, Putin mencatat bahwa dia memerintahkan serangan terhadap zona industri pabrik Azovstal dibatalkan karena alasan kemanusiaan.



“Semua prajurit Angkatan Bersenjata Ukraina, serta militan dari batalyon nasional dan tentara bayaran asing, yang meletakkan senjata mereka, dijamin kehidupan, perawatan yang layak sesuai dengan hukum internasional dan penyediaan perawatan medis yang berkualitas. Tetapi rezim Kiev tidak membiarkan kesempatan ini direbut,” ungkap layanan pers Kremlin.



Selama percakapannya dengan Michel, presiden Rusia “berbicara tentang langkah-langkah yang terkait dengan perlindungan penduduk sipil, pembukaan harian koridor kemanusiaan dan pengumuman gencatan senjata untuk memberikan evakuasi warga sipil yang aman dari zona pertempuran.”

Putin juga “telah menarik perhatian pada pernyataan tidak bertanggung jawab oleh perwakilan UE tentang perlunya menyelesaikan situasi di Ukraina dengan cara militer, serta blok yang mengabaikan banyak kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan keamanan Ukraina.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)