Kebakaran Hebat Hanguskan Pasar di Somalia, 28 Terluka

Minggu, 03 April 2022 - 08:32 WIB
loading...
A A A
Beberapa pemilik toko yang berbicara dengan VOA Somalia melaporkan kerugian harta benda yang sangat besar akibat kebakaran tersebut. Pihak berwenang Somaliland mengatakan sebuah komite telah dibentuk untuk menilai kerugian finansial.

“Pemerintah saya akan mengeluarkan USD 1 juta untuk membantu tanggap darurat bencana,” kata Presiden Bihi.

Kebakaran pasar bertepatan dengan hari pertama bulan suci Ramadhan, yang dimulai tahun ini dengan melonjaknya harga makanan pokok di pasar di Somalia dan di seluruh dunia.

Bagi para pedagang dan konsumen di Hargeisa, setelah dampak ekonomi COVID-19, invasi militer Rusia ke Ukraina, dan kekeringan yang berulang, kebakaran pasar berarti ketegangan ekstra untuk puasa siang hari dan pesta malam hari mereka.



“Ini adalah awal Ramadhan, bulan suci bagi 1,8 miliar Muslim di seluruh dunia untuk menjalankan dengan doa, kebahagiaan dan dengan harapan pengampunan dan pahala, tetapi bagi banyak dari kita di sini di Hargeisa, itu dimulai dengan senang dan sedih di pada saat yang sama,” kata Mahad Ahmed, seorang pedagang yang keluarganya kehilangan lima toko dalam kebakaran, kepada VOA.

Pada tahun 1991, Somaliland mendeklarasikan kemerdekaannya dari Somalia, yang memandangnya sebagai wilayah utara yang memisahkan diri, bukan negara yang terpisah.

Kedua belah pihak telah mengadakan putaran pembicaraan berulang kali, terakhir pada Juni 2020 di Djibouti, ketika mereka sepakat untuk menunjuk komite teknis untuk melanjutkan diskusi. Tidak ada pertemuan yang terjadi sejak saat itu.

Bulan lalu, Presiden Somaliland Muse Bihi Abdi berkunjung ke Washington, menyatakan bahwa AS harus menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan negara yang dideklarasikannya sendiri.

Dalam wawancara dengan VOA Somalia selama kunjungannya, Bihi mengatakan dia pergi dengan beberapa sinyal positif untuk ditunjukkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)