Presiden Somalia Lucuti Kekuasaan Perdana Menteri, Konflik Politik Memanas

Senin, 27 Desember 2021 - 18:52 WIB
loading...
Presiden Somalia Lucuti Kekuasaan Perdana Menteri, Konflik Politik Memanas
Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Mohamed. Foto/REUTERS
A A A
MOGADISHU - Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Mohamed mengatakan pada Senin (27/12/2021) bahwa dia telah melucuti kekuasaan Perdana Menteri (PM) Mohamed Hussein Roble.

Langkah tersebut diambil di tengah penyelidikan korupsi yang menurut asisten menteri informasi disebut sebagai "kudeta tidak langsung."

Mohamed menuduh Roble menjarah tanah publik yang dimiliki Tentara Nasional Somalia dan mengganggu penyelidikan Kementerian Pertahanan. “Semua menteri lainnya akan melanjutkan tugasnya,” ujar Mohamed.



Roble tidak segera tersedia dimintai komentar. Namun juru bicara pemerintah, Mohamed Ibrahim Moalimuu, mengatakan di Facebook tindakan presiden itu tidak konstitusional.



Mohamed dan Perdana Menteri Mohammed Hussein Roble pada Minggu (26/12/2021) masing-masing menuduh satu sama lain menggelar pemilu parlemen yang sedang berlangsung.

Perselisihan itu menurut para pengamat dapat mengalihkan perhatian pemerintah dari perjuangannya melawan pemberontakan terkait Al-Qaeda, Al-Shabab.

Mohamed juga mengatakan dia telah memecat Komandan Angkatan Laut Jenderal Abdihamid Mohamed Dirir, dari jabatannya sementara penyelidikan serupa sedang dilakukan.

Dirir dan seorang juru bicara tidak segera dapat dihubungi untuk dimintai komentar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)