Heboh! Jet Tempur Siluman Su-57 Rusia Muncul dalam Perang Ukraina

Sabtu, 12 Maret 2022 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Selama salah satu uji coba, Su-57 menembakkan rudal jelajah, yang diduga Kh-59MK2, dan melakukan total 10 penerbangan.

Su-57 merupakan pesawat tempur multi-peran bermesin ganda berkursi tunggal. Itu dimaksudkan untuk digunakan dalam pertempuran udara serta serangan darat dan laut.

Pesawat tersebut juga dimaksudkan untuk menggantikan pesawat militer Rusia yang sudah tua seperti MiG-29 dan Su-27.

Area penampang radar (RCS) Su-57 dilaporkan 30 kali lebih kecil dari Su-27.

Tidak seperti desain jet tempur siluman Amerika Serikat seperti F-22 Raptors atau F-35, fitur penurunan RCS lebih terlihat di bagian depan pesawat Su-57, kemungkinan besar karena pemotongan biaya.

Itu kemungkinan terkait dengan doktrin Rusia tentang terbang di bawah perlindungan sistem pertahanan udara terintegrasi yang ramah.

Su-57 dibangun untuk daya tahan lama dan kemampuan manuver di semua sumbu pesawat. Hal ini dilengkapi dengan sistem sensor modern yang sangat terintegrasi yang memungkinkan untuk melacak hingga 60 objek pada saat yang sama menggunakan enam radar.

Pesawat tempur ini dilengkapi dengan empat rudal udara-ke-udara K-77M jarak menengah dengan sensor AESA untuk perang di luar jangkauan visual (BVR) sebagai persenjataan utamanya, serta dua rudal jarak pendek inframerah homing K-74M2.

Tak cukup dengan itu, Su-57 juga dapat dilengkapi dengan berbagai bom berpemandu presisi, rudal udara-ke-darat, rudal anti-kapal, rudal anti-radiasi, dan rudal jelajah.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)