Rusia Tarik Sejumlah Pasukan dari Perbatasan Ukraina, Ketegangan Mereda?

Selasa, 15 Februari 2022 - 17:42 WIB
loading...
A A A
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengatakan Inggris perlu melihat pemindahan besar-besaran pasukan Rusia dari perbatasan dengan Ukraina untuk meyakini bahwa Moskow tidak memiliki rencana untuk melakukan invasi.

"15 Februari 2022 akan menjadi sejarah sebagai hari propaganda perang barat gagal. Mereka telah dipermalukan dan dihancurkan tanpa satu tembakan pun dilepaskan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.

Upaya diplomatik yang ditujukan untuk menangkal potensi krisis berlanjut pada hari Selasa, dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia kemungkinan akan mengulangi peringatan bahwa Rusia menghadapi sanksi keras jika menyerang Ukraina.



Scholz telah menghadapi kritik atas tanggapannya terhadap ketegangan tersebut. Dia diperkirakan tidak akan membuang pipa gas Nord Stream 2, yang akan membawa gas Rusia ke Eropa Barat, meskipun Presiden AS Joe Biden mengatakan skema itu akan dihentikan jika Rusia menyerang.

Rusia telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina, termasuk kontingen besar dalam latihan bersama di Belarus hingga 20 Februari, yang berarti bahwa Ukraina hampir dikepung oleh militer Rusia.

Moskow telah membantah berencana untuk menyerang Ukraina tetapi menuntut jaminan yang mengikat secara hukum dari AS dan NATO bahwa Kiev tidak akan diizinkan untuk bergabung dengan blok militer tersebut. Washington dan Brussel sejauh ini menolak untuk membuat janji semacam itu.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)