Makin Genting, Rusia Siap Tembaki Kapal Asing yang Masuk Perairannya

Senin, 14 Februari 2022 - 18:50 WIB
loading...
Makin Genting, Rusia Siap Tembaki Kapal Asing yang Masuk Perairannya
Kapal selam USS North Dakota (SSN 784) klas Virginia terlihat di permukaan laut. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Seorang pejabat senior militer Rusia mengatakan Rusia siap menembaki kapal-kapal dan kapal selam asing yang secara ilegal memasuki perairannya.

Ancaman itu diungkapkan dalam laporan kantor berita Interfax pada Senin (14/2/2022).

“Namun, keputusan semacam itu hanya akan diambil pada tingkat tertinggi," ungkap pejabat militer itu.



Amerika Serikat (AS) pada Sabtu membantah telah melakukan operasi militer di perairan Rusia, setelah Moskow mengatakan satu kapal angkatan laut Rusia mengejar kapal selam AS di perairan Rusia di Pasifik.



Kremlin juga mengatakan tidak melihat komentar dari Duta Besar Ukraina untuk Inggris sebagai sinyal perubahan resmi posisi Ukraina pada keinginan bergabung NATO.



Meski demikian, Kremlin mengatakan langkah tersebut akan secara signifikan membantu mengatasi masalah keamanan Rusia jika Ukraina benar-benar melepaskan niatnya menjadi anggota aliansi NATO.

Duta Besar Ukraina untuk Inggris pada Senin mengklarifikasi pernyataan sebelumnya tentang kemungkinan membatalkan tawaran untuk keanggotaan NATO.

Dia mengatakan bekas republik Soviet itu tidak akan mempertimbangkan kembali usahanya bergabung dengan aliansi militer. Itu artinya, Ukraina tetap berniat bergabung NATO meski mendapat ancaman dari Rusia.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)