Ini Satu-satunya Negara yang Bikin dan Lenyapkan Bom Nuklirnya Sendiri

Jum'at, 07 Januari 2022 - 09:16 WIB
loading...
A A A
India dan Pakistan bukan penandatangan NPT, karena itu mereka dilarang bergabung dengan Nuclear Suppliers’ Group.

Afrika Selatan setelah menghancurkan senjata nuklir yang dibangun di bawah pemerintahan apartheid mulai memperjuangkan perlucutan senjata dan non-proliferasi nuklir di era pasca-apartheid.

Ia juga memimpin upaya untuk membentuk Perjanjian Pelindaba dan Komisi Afrika untuk Energi Nuklir yang dibentuk dengan tujuan untuk memastikan kepatuhan negara-negara penandatangan dalam perjanjian.

Pada tahun 1999, Afrika Selatan juga mematuhi Perjanjian Larangan Uji Nuklir Komprehensif (CTBT).

Afrika Selatan, yang memiliki banyak uranium, tertarik pada energi atom dan industri pertambangan, perdagangan, dan energi yang dapat terbentuk di sekitarnya sejak tahun 1948.

Pada tahun 1957, pemerintah membeli reaktor nuklir pertamanya dari Amerika Serikat (AS).

Sementara tujuan program nuklir tidak secara resmi diubah dari tujuan damai menjadi tujuan militer sampai tahun 1977, catatan intelijen AS menunjukkan bahwa Afrika Selatan meluncurkan program senjata nuklirnya pada tahun 1973.

Menurut Kampanye Internasional untuk Menghapuskan Senjata Nuklir (ICAN), negara itu awalnya dicegah untuk menguji senjata ini karena tekanan internasional yang kuat.

Namun, Afrika Selatan telah merancang dan memproduksi perangkat peledak nuklir pertamanya pada tahun 1982. Ia memiliki enam bom, masing-masing berisi 55 kilogram Uranium yang Diperkaya Tinggi (HEU), dan mampu mengirimkan bahan peledak yang setara dengan 19 kiloton TNT, pada tahun 1989.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)