Biden Diminta Tak Hukum India Meski Beli Sistem Rudal S-400 Rusia

Kamis, 28 Oktober 2021 - 12:48 WIB
Biden Diminta Tak Hukum India Meski Beli Sistem Rudal S-400 Rusia
Sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia. Para Senator AS minta Presiden Joe Biden tak menghukum India atas pembelian S-400 Rusia. Foto/REUTERS/Sergi Karpukhin
A A A
WASHINGTON - Dua senator terkemuka Amerika Serikat (AS) meminta Presiden Joe Biden untuk tidak menghukum India atas pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia . Alasannya, penjatuhan sanksi akan membuang "air dingin" pada hubungan penting kedua negara.

India telah menandatangani kesepakatan senilai USD5,4 miliar dengan Rusia pada 2018 untuk membeli sistem pertahanan rudal S-400 Triumf di tengah ketegangan dengan Pakistan atas wilayah Himalaya yang terbagi di Kashmir.

Baca juga: Bos Media China: Perlombaan Nuklir Itu Bodoh, Kami Mampu Lenyapkan AS dalam 1 Kali

India telah melakukan pembayaran uang muka dan berencana untuk menyelesaikan pembelian senjata pertahanan canggih itu pada tahun 2025.



Undang-Undang Melawan Musuh Amerika Melalui Sanksi (CAATSA) 2017 mengharuskan Biden menjatuhkan sanksi terhadap setiap negara yang membeli senjata Rusia.

Jika mematuhi undang-undang tersebut, Biden seharusnya menghukum India seperti yang dilakukan pemerintah AS terhadap Turki dengan alasan yang sama.

Baca juga: Viral, Ukraina Hancurkan Persenjataan Rusia dengan Drone Tempur Turki

Senator John Cornyn dan Mark Warner menulis surat kepada Biden untuk meminta pengabaian alasan keamanan nasional AS dengan tidak menjatuhkan sanksi terhadap India. Menurut mereka, langkah itu demi menjaga hubungan kedua negara yang telah membaik.

Biden telah merevitalisasi aliansi Indo-Pasifik yang dikenal sebagai “The Quad" dengan India, Australia, dan Jepang, untuk melawan kebangkitan China.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2536 seconds (11.252#12.26)